Lihat ke Halaman Asli

Posko77kebonagungkknmit18

Mahasiswa KKN MIT 18

Mahasiswa KKN MIT-18 UIN Walisongo Posko 77 Ikut Memperingati Rutinan Acara Tahun Baru Hijriyah 1446 di Desa Kebonagung Kendal

Diperbarui: 9 Juli 2024   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi, Do'a Awal tahun di musholla Baiturrohman

Minggu, 06 juli 2024 -- bertepatan dengan tanggal 1 muharam dalam penanggalan nasional. Namun masyarakat biasanya menghitung akhir tahun hijriyah hari sabtu bada salat ashar dan awal tahun hijriyah hari sabtu bada salat maghrib. tradisi di desa kebonagung, kecamatan ngampel, kabupaten kendal setelah selesai melaksanakan salat ashar berjamaah di musholla baiturahman dilanjutkan dengan membaca doa akhir tahun hijriyah. 

Lalu sehabis salat maghrib para jamaah musholla baiturahman tidak meninggalkan musholla lalu berdiri kembali untuk melaksanakan salat hajat terlebih dahulu setelah itu membaca mujahadah awal tahun dan ditutup dengan doa awal tahun bulan hijriyah.

Dokumentasi Pribadi, makan nasi begono bersama pak kades dan beberapa warga desa kebonagung 

Di desa kebonagung, kecamatan ngampel, kabupaten kendal terdapat tradisi yang diadakan untuk menyambut tahun baru hijriyah ini berupa syukuran makan bersama yang dilaksanakan setelah pembacaan mujahadah. Ibu endang selaku ibu kepala desa mengatakan bahwa syukuran ini bisa ditemui disetiap pertigaan jalan."Kalian bisa menemui Syukuran ini disetiap pertigaan jalan,sepanjang desa kebonagung ini" tuturnya. 

Setiap satu rumah akan membawa kendil atau wadah berisi berbagai macam makanan. Namun terdapat makanan wajib yang menjadi menu untuk syukuran ini yaitu nasi begono, nasi ini berupa nasi putih yang sudah dicampurkan dengan berbagai jenis lauk pauk. Syukuran ini memiliki tujuan agar selalu diberi keselamatan dan ditolak dari segala bala.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline