Lihat ke Halaman Asli

POSKO 67 DESA SIDALANG

KKN UIN Walisongo Semarang

Pengajian Akbar, Semarakkan Rangkaian Haul Sunan Kadjoran dan Sunan Singotruno

Diperbarui: 13 Juli 2024   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Posko 67 (Kegiatan Haul)

Mahasiswa KKN UIN Walisongo bersama Warga Dukuh Bonjor 1, Desa Sidalang, Kecamatan Tersono menggelar pengajian peringatan haul Sunan Kadjoran dan Sunan Singotruno, Kamis (11/7/2024). Bertempat di kompleks Dukuh Bonjor 1, acara ini dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Tersono, kapolsek Tersono, Danramil Tersono, Kepala desa dan Pamong Desa Sidalang, para kyai, dan masyarakat sekitar.

Tuan rumah mewakili ketua panitia, KH. Ahmad Munir, menyampaikan, acara haul sunan Kadjoran dan sunan Singotruno  merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, rangkaian acara haul Sunan Kadjoran dan Sunan Singotruno sebagai bentuk menjaga tradisi leluhur sejak dulu. Kegiatan haul dimulai sejak pekan lalu dengan acara bersih kubur pada Jumat (5/7/2024), dilanjutkan pengajian akbar, dan puncaknya adalah pementasan wayang satu malam.

Sementara itu, Sekretasi Camat Kecamatan Tersono, Mulyadi. SKM., M.M., dalam sambutannya menyampaikan kebangganan acara pengajian dapt terselenggara secara rutin. pengajian juga merupakan bentuk melestarikan budaya yang ada. Ia juga menyampaikan bahwa pengajian sebagai bentuk melestarikan kegiatan dakwah yang telah dilakukan oleh Sunan Kadjoran dan Sunan Singotruno.

"Terimakasih panitia sudah rutin melaksanakan pengajian ini, pengajian bertujuan untuk melestarikan budaya sekaligus mengingat perjuangan dakwah Sunan Kadjoran dan Sunan Singotruno", tambahnya.

Tausiyah disampaikan oleh KH. Ahmad Hanif dari Magelang, Jawa Tengah. Dalam tuasiyahnya, ia menyampaikan kepada jamaah dengan haul ini untuk selalu menjaga kebiasaaan baik ditengah masyarakat.

"Haul ini sebagai bentuk untuk mejaga kebaikan bersama karena setiap kebaikan harus selalu dilestarikan masyakarat", jelasnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline