Lihat ke Halaman Asli

PORMAPITAS

PORMAPITAS

Pengembangan Desa Wisata Oleh UKM Pormapitas UPI Tasikmalaya

Diperbarui: 16 Oktober 2021   01:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa. Menumbuhkan rasa peduli Mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Program ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh Tim PHP2D UKM Pormapitas. Tim Pormapitas dapat mengikuti program ini dengan mengusulkan proposal kepada Tim Dikti PHP2D. Program PHP2D ini teriri dari 3 tahap seleksi yaitu pemberkasan dan pengajuan proposal, penilaian proposal, mempresentasikan program yang akan diselenggarakan oleh tim ormawa. Tim PHP2d Pormapitas dinyatakan lolos setelah mengikuti 3 tahap tersebut. Dengan program ini Tim Pormapitas diberikan kesempatan untuk mengabdi dan mengembangkan desa.

Program yang dilaksanakan oleh Tim PHP2D Pormapitas berfokus pada pengembangan desa wisa Desa Cibanteng, Kecamatan Parungponteng, Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya. Termasuk memajukan UMKM di desa tersebut. Program yang disiapkan oleh Tim PHP2D Pormapitas diantaranya Seminar, Pelatihan, dan Pembangunan Fisik. Program-program tersebut direncanakan berdasarkan hasil FGD yang telah dilakukan oleh Tim bersama masyarakat desa.

Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu seminar dengan judul Desain dan Marketing Product. Seminar ini berisi tentang pelatihan desain produk yaitu untuk pengemasan Sale Pisang yang merupakan UMKM yang ada di Desa Cibanteng dan marketing untuk membina masyarakat untuk memasarkan UKMKM-nya (Sale Pisang) ke Market Place dan Social Media. Kemudian  melaksanakan program perbaikan fasilitas curug.

Diharapkan dengan adanya program PHP2D ini mampu membantu mengembangkan potensi wisata di Desa Cibanteng.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline