Lihat ke Halaman Asli

Poppyta Ayu Nur Rohmah Sidiq

Mahasiswa, Guru, Penulis, dan Entrepreneur

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNPAM Melaksanakan PPL di SMA Nurul Falaah Gunung Sindur

Diperbarui: 2 Juli 2023   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Pribadi: MTS-SMA NURUL FALAAH GUNUNG SINDUR

Tangerang Selatan 2023, Dalam rangka menghasilkan lulusan mahasiswa yang mempunyai kompetensi sebagai calon-calon tenaga pendidik professional maka dari itu dihadirkanlah kegiatan wajib yang harus diikuti seluruh mahasiswa program studi Pendidikan ekonomi yaitu program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan salah satu syarat untuk bisa menyelesaikan kegiatan tugas akhir selama masa perkuliahan. Tujuan dari kegiatan PPL ini yaitu mahasiswa diharapkan mampu menjadi seorang tenaga pendidik profesional yang mempunyai kompetensi berdasarkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Selain itu juga program PPL ini memberikan begitu banyak pengalaman bagi mahasiswa praktikan dalam mengajar secara langsung di sekolah yang dilaksanakan secara nyata dan melihat Bagaimana kondisi asli selama di lapangan. Manfaat itu sendiri di mana mahasiswa praktikan bisa mendapatkan banyak ilmu maupun bekal yang diperoleh selama kuliah dan juga di tempat PPL serta bisa meningkatkan kemampuan penalaran mahasiswa itu sendiri seperti dalam melakukan penelaahan,perumusan bahkan pemecah pemecahan masalah yang terjadi di sekolah itu sendiri.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berlangsung selama 3 bulan yang dimulai dari bulan Januari hingga April 2023. Di dalam pelaksanaan PPL ini ada beberapa rangkaian yang harus di ikuti oleh seluruh mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas Pamulang yaitu mulai dari rangkaian pendaftaran,pembekalan PPL yang dilaksanakan selama 3 hari pada hari Rabu-Jumat,11-13 Januari 2023,serta pada puncak acara dimana pada hari Sabtu,14 Januari 2023 pelepasan mahasiswa yang di hadiri oleh Dekan FKIP bapak Drs.Ali Nurdin,M.Pd dan juga bapak Kaprodi Pendidikan Ekonomi Dr. Saiful Anwar,S.Pd.,S.E.,M.Pd serta seluruh bapak ibu dosen program studi Pendidikan Ekonomi.

Salah satu tempat yang ditunjuk sebagai lokasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah di SMA Nurul Falaah Gunung Sindur. Untuk penerjunan secara langsung mahasiswa PPL dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Ibu Purwati Yuni Rahayu S.Pd.,M.Pd pada hari jumat,20 Januari 2023 dimana kami disambut dengan sangat ramah oleh pihak sekolah.           

Adapun anggota kelompok PPL di SMA Nurul Falaah Gunung Sindur terdiri dari 6 anggota yaitu Albina Wise Nustin, Alfonsia Ermelinda Daiman, Dian Novitasari, Dini Widiyanti, Lubabun Nuha, dan Maria Yunita T. Loy.

Selama PPL berlangsung, mahasiswa telah menjalankan berbagai program mulai dari praktik mengajar, pengabdian kepada masyarakat, kegiatan P5, agenda di bulan Ramadhan serta berpartisipasi dalam merayakan hari jadi serta kegiatan akreditasi sekolah. 

Tugas Kami dibagi dalam pembagian kelas dan mata pelajaran yang kami ajarkan selama praktik di SMA Nurul Falaah Gunung Sindur yaitu Alfonsia(Mapel Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X1),Albina (Mapel Ekonomi Kelas XI),Dian (Mapel Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI), Dini(Mapel Ekonomi Kelas XI),Lubabun (Mapel Ekonomi Kelas XI) dan Maria (Mapel Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI dan XII).

Hal yang luar biasa kami lakukan dalam pelaksanaan PPL ini dimana kita bisa belajar kreativitas dan membuat kegiatan pembelajaran kepada siswa itu dengan beragam penyajian model pembelajaran yang kooperatif, aktif, dan menyenangkan serta dalam penggunaan Media pembelajaran seperti talking stick , wordwall, media ular tangga dan lain nya yang kami gunakan selama proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selama pelaksanaan PPL ini berlangsung kami mendapatkan pengalaman yang cukup dan beberapa kegiatan yang bermanfaat terlebih pada saat kegiatan menjelang Penilaian Tengah Semester (PTS) kami belajar dalam membuat soal-soal ujian untuk siswa-siswi yang kami ajarkan  di SMA Nurul Falaah Gunung Sindur, kami saling belajar dan sharing bagaimana pembuatan RPP,PROTA,PROSEM yang baik.

Namun tidak hanya demikian, selama kegiatan PPL kami mengajar dan  juga melaksanakan  kegiatan piket yang dimana mengecek kondisi kelas apakah sudah ada guru masuk atau belum, mengisi kelas jika gurunya tidak ada atau berhalangan untuk hadi di sekolah dan keliling meminta absensi kehadiran siswa,serta membantu pihak staff tata usaha dan perpustakaan. Juga kami di libatkan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah tersebut seperti ekstrakulikuler Muhadhoroh,Pramuka dan kegiatan pembiasaan serta kajian rutin setiap Jum'at.

Sumber Pribadi: Penarikan PPL Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNPAM

Di hari Rabu, 10 Mei 2023 usai sudah tugas dan tanggung jawab kami semua dalam melaksanakan kegiatan PPL tersebut yang mana di hari itu adalah jadwal penarikan sekaligus perpisahan antara mahasiswa,siswa dan pihak sekolah yang secara langsung di hadiri oleh Kepala Sekolah  SMA Nurul Falaah Gunung Sindur,wakakur,guru pamong,team pengembang kurikulumserta dosen pembimbing. Semoga dengan pelaksanaan PPL ini dapat menjadikan mahasiswa sebagai calon guru yang kreatif, inovatif dan profesional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline