Lokasi : SMAN 16 Bungo
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Tanggal : 12 Desember 2022
Penulis : Poppy Sundari Utami, S.Pd
Tujuan yang ingin dicapai :
Meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran kimia materi Ikatan Ion menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).
LATAR BELAKANG
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dalam praktek pembelajaran ini yaitu:
- Pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih bersifat klasikal dengan menggunakan metode ceramah dan pembelajaran berpusat pada guru serta belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif.
- Guru belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran disebabkan sarana prasarana yang terbatas.
- Kurangnya penggunaan media interaktif yang dapat membantu peserta didik untuk memahami materi serta dapat menarik minat belajar selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
- Kurangnya pengetahuan guru terhadap teknologi dan inovasi pembelajaran.
- Kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar
Dari latar belakang permasalahan yang telah disebutkan tersebut, saya sebagai guru atau pendidik melakukan usaha yang sekiranya akan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran kimia. Adapun usaha yang saya lakukan adalah:
- Menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik, serta menyusun skenario kegiatan pembelajaran yang runut sesuai dengan model yang dipakai.
- Menyusun lembar kerja peserta didik (LKPD) yang interaktif dan menarik sehingga peserta didik berminat untuk membaca dan menyelesaikan permasalahan yang tertuang didalam LKPD tersebut.
- Membuat media pembelajaran interaktif yang dapat menarik minat dan memotivasi peserta didik saat kegiatan pembelajaran berlangsung serta dapat membantu peserta didik untuk memahami materi yang sedang berlangsung.
- Menyusun bahan ajar yang menarik dan interaktif, hal ini sama dengan penyususnan LKPD, bahan ajar dibuat semenarik mungkin agar peserta didik tertarik untuk membaca dan memudahkan peserta didik dalam mencari informasi tentang materi yang dipelajari.
- Menyusun instrumen penilaian yang mencangkup 3 aspek yaitu Kognitif, Psikomotorik, dan Afektif.
PENTINGNYA PRAKTEK BAIK INI DIBAGIKAN KEPADA ORANG LAIN