Lihat ke Halaman Asli

Menitipkan Cahaya kepada Generasi Muda

Diperbarui: 21 Oktober 2016   15:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Kehadiran listrik pada zaman modern ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap lapisan masyarakat. Listrik menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari hari, baik untuk kebutuhan rumah tangga, pendidikan, apalagi industri.

Untuk menjaga agar pasokan listrik tetap tersedia maka sudah seharusnya kita bijak menggunakan listrik, bukan karena tarif dasar listrik yang semakin mahal, juga bukan untuk mengurangi subsidi pemerintah, tetapi karena sumber daya alam penghasil listrik yang semakin menipis. Sebab sumber listrik dihasilkan dari bahan-bahan yang berasal dari alam dan tidak dapat diperbaharui. Semua orang di dunia ini seharusnya sadar akan hal itu, tapi sebaiknya dimulai dari pegawai PLN yang harus memberikan informasi tentang kelistrikan kepada masyarakat.

Menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal merupakan amal jariyah. Saya (Popi Sri Rejeki) selaku pegawai PLN di Rayon Baleendah Area Majalaya Distribusi Jawa Barat tergerak untuk memberikan edukasi tentang kelistrikan kepada  generasi muda. Mereka adalah agen perubahan dan pengelola masa depan bangsa, tepat dengan salah satu misi PLN yaitu berperan aktif dalam mencerdaskan masyarakat melalui pendidikan.

Bekerja di unit terkecil PLN Distribusi, menjadikan kami sebagai ujung tombak perusahaan. Setiap hari kami berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat. Hal ini memudahkan kami untuk memberikan edukasi kelistrikan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Kegiatan edukasi ini saya sebut PLN SAHABAT GENERASI MUDA .

Tujuan kegiatan ini kurang lebih sama dengan kegiatan PLN MENGAJAR, yaitu untuk memberikan edukasi kepada generasi muda mengenai:

  • pengetahuan asal mula listrik dihasilkan hingga sampai ke lokasi pelanggan,
  • menjaga kehandalan pasokan listrik,
  • keselamatan penggunaan listrik,
  • hemat Listrik,
  • bayar listrik tepat waktu,
  • listrik Pintar,
  • pencurian Listrik beserta fakta MUI,
  • pengenalan contact centerdan web PLN, dan
  • menumbuhkan rasa ketertarikan bergabung menjadi pegawai PLN.

Setiap ada kesempatan, rasanya hati ini selalu tergerak untuk memberikan edukasi tentang PLN kepada generasi muda, khususnya pelajar yang disesuaikan dengan tingkat sekolah dari mulai pelajar SD, SMP, SMA, SMK bahkan mahasiswa. Hal tersebut sangat efektif karena dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi serta momen yang tepat dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kegiatan PLN SAHABAT GENERASI MUDA yang telah kami laksanakan antara lain :

Ketika PLN mengadakan pameran, kami mengajakpengunjung yang datang ke stand PLN terutamapelajar untuk nonton bareng. Kami menyuguhkanfilm-film animasi yang menarik tentang asal mula listrik dari pembangkit sampaiberada di pelanggan dan Tips Hemat Listrik. Dari pengalaman tersebut, pelajar sangat tertarik dan antusias bertanya sehingga secara tidak langsung edukasikita sudah sampai di benak pelajar. Hal ini menjadi proses edukasi yang menyenangkan sehingga tanpa disadarai menambah ilmu pengetahuan pengunjung di bidang listrik.Ketika sedang di perjalanan menuju tempat dinas, kami sering menjumpai pelajar yang sedang berkumpul. Situasi tersebut kami manfaatkan untuk berinteraksi dengan pelajar, memberikan edukasi kelistrikan. Edukasi yang diberikan merupakan hal yang sederhana, misalnya bagaimana menjaga kehandalan listrik dari hal yang terkecil dengan tidak bermain layang-layang di bawah jaringan listrik.

Dokumen pribadi

Ketika didatangi siswa-siswi SMP yang meminta informasi mengenai PLN mulai dari sejarah, struktur organisasi sampai dengan jumlah pelanggan. Menerima dengan senang hati dan memberikan informasi dengan tulus tentunya menjadi edukasi bagi siswa-siswi tersebut.  

Dokumen pribadi

Memberikan tambahan wawasan tentang PLN kepada pelajar yang ditugaskan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di PLN, yang setiap tahunnya selalu dikirim dari beberapa sekolah yang ada di wilayah PLN tempat saya bekerja.

Sharing dengan pelajar SMK atau SMA tentu akan lebih leluasa lagi karena mereka sudah berada di tingkat sekolah yang menengah sehingga lebih paham apa yang akan kita sampaikan, dari mulai menghemat listrik hingga menghitung pemakaian di rumahnya, perihal Listrik Pintar, pencurian listrik beserta fakta MUI sampai akhirnya harus membayar rekening listrik tepat waktu untuk menghindari pemutusan.

Memperkenalkan pelayanan PLN melalui contact centre serta web yaitu pelayanan yang dapat TUNTAS TANPA TATAP serta tidak usah memberikan tip kepada petugas PLN yang datang yaitu TOP TANPA TIP.

Dokumen pribadi

Memperagakan padamnya listrik yang diakibatkan oleh arku layangan, ranting pepohonan dan antena TV yang terlalu tinggi sehingga mengenai jaringan listrik. Dengan mengedukasi hal tersebut maka pelajar akan mengerti bahwa kehandalan pasokan listrik harus didukung pula oleh penikmat listrik tersebut, sehingga apabila padam karena gangguan tidak selalu menyalahkan pihak PLN.

Dokumen pribadi

Memberikan penerangan tentang informasi kelistrikan bagi mahasiswa yang sedang praktik kerja di lingkungan PLN.

Harapan saya dengan melaksanakan PLN SAHABAT GENERASI MUDA yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, dapat di ATM (Ambil Tiru Modifikasi) oleh pegawai PLN yang ada di pelosok nusantara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline