Lihat ke Halaman Asli

Putra Zulfirman

Informatif & Edukatif

Asa Pulau Terluar di Pundak Makmur Budiman

Diperbarui: 12 April 2020   09:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketua KADIN Aceh, H Makmur Budiman saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat Pulau Nasi di Dermaga Ulee Lheue (Foto: Ist).

Kegiatan penyaluran bantuan tanggap darurat Covid-19 dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh terus berlangsung. Kali ini, giliran warga pulau terluar bumi Serambi Mekkah itu.

Ya, Pulau Nasi dan Pulau Aceh memang masuk wilayah pulau terluar. Masuk dalam administrasi Kabupaten Aceh Besar.

Siang itu, Sabtu (11/4/2020), sejumlah sembako telah tersedia di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Bantuab itu, akan dibawa ke Pulau Aceh.

Ketua KADIN Aceh, H Makmur Budiman beserta rombongan tiba di sana. Begitu pula perwakilan masyarakat pulau Aceh yang telah terlebih dahulu bersandar di dermaga penyeberangan itu.

Secara simbolis, H Makmur menyerahkan bantuan kepada perwakilan masyarakat. Rohana, salah satu warga pulau Aceh jadi penerima secara simbolis, yang kemudian di bawa ke kampung halamannya.

"Bantuan ini adalah sumbangsih kepada masyarakat terdampak virus Corona. Semoga bermanfaat," ucap Makmur Budiman kepada perwakilan masyarakat pulau Aceh.

Seremonial berakhir. Boat pengangkut sembako bersiap melaju arungi samudera. Namun, tidak bagi Rohana. Ia mengumpulkan kekuatan dan keberanian. 

Lantas, sejurus berujar "Pak Makmur. Belum ada pejabat, anggota dewan atau lainnya yang peduli sama kami di Pulau Aceh. Bapaj telah membantu kami. Meski bapak tidak mengenal kami," tutur Rohana dengan mata menganak sungai.

Bibirnya masih bergetar. Suara terasa parau. Menahan haru-biru, seraya kembali bebrbicara pelan "Selama ini kami bagai embun yang setia menanti matahari. Terima kasih atas perhatiannya, bantuan dan peduli kami di pulau jauh ini," lirih Rohana sembari menyeka air mata.

Boat pengangkut bantuan sembako Kadin Aceh. (Foto:Ist)

Melihat itu, Makmur Budiman mengatakan, akan terus berbuat sekuat tenaga untuk masyarakat pulau Aceh maupun Aceh. "Insya Allah, kita sehat dan doakan agar bisa terus membantu sesama," ujar pengusaha sederhana ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline