Lihat ke Halaman Asli

Putra Zulfirman

Informatif & Edukatif

Senator Aceh Dorong Rehabilitasi Irigasi Krueng Pase

Diperbarui: 19 Februari 2020   11:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senator asal Aceh, Abdullah Puteh berjabat tangan dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (Foto: Ist).

Sentor asal Aceh, Abdullah Puteh meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono untuk merealisasikan usulan Bupati Aceh Utara agar melakukan Rehabilitasi Irigasi dan Tebing Krueng Pase.

Permintaan itu, disampaikan Abdullah Puteh saat Rapat Kerja Komite II Dewan Perwakilan  Daerah (DPD) RI bersama Kementerian PUPR, di Jakarta, kemarin.

"Alhamdulillah, Pak Menteri merespon dan mengatakan grand design segera diupayakan selesai agar bisa dilaksakan pekerjaannya awal tahun 2021," ungkap Puteh, Rabu (19/2/2020).

Mantan Gubernur Aceh ini, mengungkap bahwa Basuki Hadimuljono berencana akan meninjau lokasi Krueng Pase di Aceh Utara dalam waktu dekat.

Selain itu, Puteh menyampaikan terdapat 13.000 lahan pertanian berupa sawah yang bisa dialiri irigasi Krueng Pase bila selesai dilakuian rehabilitasi nantinya.

Dimana, kata dia, sejak dibangun semasa Pemerintahan Kolonial Belanda pada 1936, aliran irigasi yang membentang di Kecamatan Merak Mulia dan Syamtalira, Aceh Utara itu, belum pernah dijamah pembangunan.

"Tentu akan meningkatkan hasil produksi padi masyarakat tani, bila program rehabilitasi ini terwujud," imbuh mantan Ketua Umum KNPI Pusat ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline