Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Faris Helmi Priyono

Selamat datang di blog saya!

Program Near Zero Emission Coal Antara China dan Uni-Eropa

Diperbarui: 25 Mei 2024   11:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam membangun ekonomi negaranya, China mengandalkan kemajuan industri dalam negeri yang tercantum dalam five years plan (FYP). Kemajuan industri di China mengakibatkan peningkatan emisi karbon yang serius karena pemakaian energi batu bara untuk bahan bakarnya.

Tingginya emisi karbon ini menimbulkan masalah serius untuk kesehatan masyarakat China. Penyakit seperti asma, kanker paru-paru, bahkan kematian menjadi harga mahal yang dibayar masyarakat China karena kegiatan industri di negaranya.

Pemerintah China kemudian berada dalam situasi dilema antara kepentingan pembangunan ekonomi dan kesehatan lingkungan untuk masyarakat China. Situasi ini membuka pintu kerjasama dalam hal industri ramah lingkungan kepada mitra dagangnya, yaitu Uni-Eropa.

Uni-Eropa yang merupakan mitra dagang terbesar China kemudian mengajak kerja sama antara kedua pihak untuk mengatasi kedua permasalahan tersebut (lingkungan dan ekonomi). Hal ini dilakukan Uni-Eropa mengingat penurunan ekonomi China juga akan berimbas besar kepada Uni-Eropa karena China adalah mitra terbesar kedua dalam hal perdagangan bagi Uni-Eropa.

Bermula ketika diadakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada bulan September 2005 dibawah kepresidenan Inggris, China dan Uni-Eropa mendeklarasikan perubahan pada sektor industri dengan teknologi yang ramah lingkungan. Deklarasi tersebut berbunyi "We will aim to achieve the following co-operation goals by 2020: To develop and demonstrate in China and the EU advanced, near-zero emission coal technology through CCS".

Kerja sama ini bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dari teknologi batubara yang mendekati angka nol di tahun 2020 dan diberi nama Near Zero Emission Coal (NZEC). NZEC dilakukan dalam bentuk transfer pembangkit tenaga listrik melalui teknologi Carbon Dioxide Capture and Storage (CCS) oleh Uni-Eropa untuk China.

CCS adalah sebuah teknologi dimana pengurangan emisi gas rumah kaca dilakukan dengan cara menangkap karbon dioksida dari sumber terbesar keluarnya karbon tersebut, kemudian diangkut ke fasilitas penyimpanan bawah tanah sebelum tersebar ke atmosfer. Jika dibandingkan dengan pabrik yang tidak menggunakan teknologi CCS, pabrik dengan teknologi CCS mengeluarkan karbon dioksida yang tersebar ke atmosfer 80-90% lebih sedikit.

Sebelum kerja sama China dan Uni-Eropa dalam transfer teknologi CCS ini, hanya beberapa negara dan korporasi di Uni-Eropa yang bisa menguasai teknologi tersebut, seperti Norwegia, Jerman, Inggris (saat itu masih bagian dari Uni Eropa), Belanda, dan Prancis. Hal ini menunjukan bahwa teknologi ramah lingkungan belum dapat dikuasai banyak negara dan China, dengan program kerja sama ini berusaha untuk menjadi salah satu negara dengan industri ramah lingkungan di asia pasifik.

Demi kelangsungan program NZEC, Uni-Eropa memberikan juga memberikan bantuan modal sumber daya berupa tenaga ahli, lembaga akademik untuk penelitian, konsultan, organisasi untuk hal manajemen, dan profesional teknologi CCS dari Uni-Eropa. Nilai keseluruhan bantuan modal yang diterima China dari Uni-Eropa mencapai 69,36 juta euro ditambah 3,5 juta euro bantuan oleh Pemerintah Inggris.

Program kerja sama ini terdiri dari tiga fase: Fase pertama adalah eksplorasi pilihan penyebaran dan pembangunan teknologi CCS di China, fase kedua adalah merancang dan mendefinisikan proyek demonstrasi penyimpanan karbon dioksida, dan fase terakhir adalah pembangunan dan pengoprasian teknologi CCS di China. Ketiga fase ini dijalankan selama hampir 15 tahun lamanya, yakni dimulai pada tahun 2006 dan berakhir pada tahun 2020.

Fase pertama dilakukan setelah penandatanganan MoU dari tiga pihak (Komisi Uni-Eropa, Departemen Energi dan Perubahan Iklim Inggris, dan Kementrian Sains dan Teknologi China) pada Desember 2005. Periode 2006-2009 kegiatan yang dilakukan berupa identifikasi peluang, tinjauan biaya, identifikasi strategi dan lokasi dimana teknologi CCS akan diletakan, serta ditutup dengan pertemuan yang membahas hasil kerja sama selama fase satu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline