Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 8 gelombang 1 tahun 2021 dengan program kerja Sosialisasi Packaging dan Pelatihan Editing by Canva untuk pengembangan UMKM produk opak (re-branding) di Desa Pagelaran, Dusun Sumbergempol, Kabupaten Malang.
Pada tanggal 06 maret 2021 tepat dilaksanakannya sosialisasi packaging disalah satu rumah warga penjual opak, dimana sebelum kegiatan dilakukan penyebaran undangan kehadiran bagi 25 penjual opak di Dusun Sumbergompol pada tanggal 05 maret 2021. Kegiatan sosialisasi packaging ini dihadiri seluruh penjual dengan sangat antusias yang mana harapannya ingin meningkatkan penjualan dengan menarik konsumen melalui packaging produk opak. Kegiatan sosialisasi packaging dimulai pukul 08.00 WIB dengan tetap menaati aturan protokol kesehatan (menggunakan masker dan handisanitizer).
Alasan kelompok kami PMM 8 Gelombang 1 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mengangkat program kerja sosialisasi dan pelatihan packaging karena berdasarkan survey dan musyawarah dengan Kepala Desa Pagelaran serta Perangkat Desa lainnya bahwa Dusun Sumbergempol sangat membutuhkan wawasan pengetahuan dan praktek langsung dalam meningkatkan penjualanannya (produk opak), yang mana tingkat pemasaran yang baik melalui desain packaging sehingga mempunyai ciri khas agar dikenal dan diminati banyak pelanggan.
Desain packaging perlu diperhatikan untuk memikat konsumen, apalagi produk opak yang mungkin sangat awam didengar. Melalui desain packaging yang menarik dengan kemasan yang unik dan label produk yang informatif, calon pembeli akan mudah terpengaruh untuk membeli. Tidak hanya desain yang unik dan menarik, namun perlu diperhatikan sasaran atau target konsumen yang dituju agar produk yang dijual mengalami peningkatan.
Dalam packaging tidak hanya sebatas nilai estetika namun perlu memperhatikan beberapa fungsi desain kemasan yang informatif, misalnya brand produk yang unik, foto produk yang menarik, varian rasa, komposisi bahan yang alami dan halal, kandungan gizi, alamat, jangka waktu expired, nomor hp yang bisa dihubungi (keterangan lengkap produsen), akun sosial media produk penjualan, dan pentingnya kalimat slogan (misalnya maknyuzzz, lezat gurihh nyoiii, opak gulung renyahh, dan lain-lain). Packaging yang informatif sama halnya sebagai bentuk komunikasi dalam meningkatkan penjualan produk, dimana para penjual produk opak di Dusun Sumbergempol mulai memahami seberapa penting pengemasan itu dan penggunaan label pada produknya.
Pengabdian masyarakat kelompok 8 gelombang 1 tahun 2021 yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah tidak hanya berupa sosialisasi saja, namun pelatihan atau praktek secara langsung dengan teknologi yang mudah dipahami masyarakat yaitu canva khususnya dalam bidang design.
Jiwa masyarakat mahasiswa Univerisitas Muhammadiyah Malang muncul dari hati dengan kesabaran dan keuletan dalam mengajari teknologi kepada ibu-ibu penjual opak, dimana antusias para penjual opak untuk lebih kreatif dalam mendongkrak penjualan opak agar tejadi peningkatan secara signifikan dengan desain yang unik, menarik sehingga penjual opak mampu memahami, berlatih, hingga menghasilkan desain logo sendiri untuk ciri khas produk opak yang dijualnya. Bersama ibu lilik salah satu penjual opak yang juga mampu menciptakan desainnya dengan bimbingan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.
Hal ini 25 penjual opak Dusun Sumbergempol mampu bersaing secara sehat dengan ciri khas masing-masing, dan penerapan sosialisasi packaging serta pelatihan editing by canva di Desa Pagelaran Dusun Sumbergempol, Malang dikatakan berhasil dalam mengembangkan UMKM produk opak (Re-branding).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H