Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Sampah Organik dan Anorganik oleh PMM UMM

Diperbarui: 20 September 2023   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. Pribadi

Sosialisasi Sampah Organik dan Anorganik

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang menyasar kepada masyarakat secara umum baik Lembaga Sosial maupun Lembaga Pendidikan. Kami dari kelompok 253 Gelombang 7  yang diketuai oleh Roshan Bayu Saputro dan di bimbing langsung oleh Pak Ramli Ramadhan, S.Hut., MA. Lokasi kegiatan pengabdian kami dilakukan di Lembaga Pendidikan TK AL FATH Titian Ilmu. Dalam melaksanakan kegiatan PMM UMM ada salah satu kegiatan yaitu Sosialisasi Sampah Organik dan Anorganik.

Sampah merupakan bahan atau material yang telah selesai digunakan dan tidak lagi memberi manfaat atau kegunaan. Sampah juga terbagi menjadi 2 macam. Pertama, sampah organic, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, sisa makanan,daun, dan lain-lain. Sampah anorganik, yang terdiri atas bahan logam, plastic, kaca, karet, dan kaleng. Masih banyak yang mungkin sekiranya mengetahui jenis sampah namun tidak mengerti cara pengelolaannya.

Pada kegiatan kami kali ini, fokus utama kegiatan kami adalah memberikan sosialisasi dan praktik bagaimana cara membedakan sampah organic dan anorganik, sehingga adik-adik mampu membedakan macam-macam sampah yang akan dibuangnya, kemudian dapat membuang sampah pada klasifiksi tempat sampah yang benar serta menjaga lingkungan dengan baik.

Doc. Pribadi

Kegiatan Sosialisasi sampah organik dan anorganik ini memiliki beberapa manfaat yaitu dapat menghindari terjadinya penumpukan sampah, udara yang lebih sehat, membuang sampah sesuai jenisnya pun akan memudahkan dalam pengolahan kembali. Selain itu, mengorganisir sampah juga dapat membuat kita lebih bertanggung jawab, dan lebih memperhatikan sampah yang akan dibuang.

Kegiatan Sosialisasi Sampah ini dilakukan oleh adik - adik TK Al Fath Titian Ilmu. Itulah salah satu kegiatan PMM kelompok 253 Gelombang 7 yang bisa kami jelaskan selebihnya kami mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah mendukung dan melancarkan kegiatan kami, dan kami berharap semoga kegiatan yang kami lakukan berdampaka positif serta bermanfaat bagi Masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline