Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM Desa Bajangan

Mahasiswa UMM yang sedang melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM

Webinar "Identity Crisis : Who am I?" sebagai Media Penyuluhan secara Digital tentang Krisis Identitas Diri

Diperbarui: 7 April 2022   20:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Selama masa pandemi 2 tahun terakhir ini banyak individu yang mulai beranjak dari usia remaja menuju usia dewasa. Pada masa transisi remaja menuju dewasa banyak terjadi perubahan yang mungkin mereka alami, baik secara emosional maupun secara fisik. Perubahan-perubahan ini terkadang berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Tak jarang individu mengalami kebingungan terhadap dirinya sendiri. Mereka cenderung bertanya-tanya tentang masa depannya dan belum memiliki pondasi yang kuat terkait identitas dirinya.

Kami anggota kelompok 33 gelombang 2 Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar kegiatan webinar yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait permasalahan di atas. Acara webinar ini merupakan acara puncak dari program kerja PMM UMM kelompok kami. Webinar dilaksanakan pada hari Sabtu (26/3) dengan tema "Identity Crisis: Who am I?". Acara berlangsung selama kurang lebih 2 jam dimulai dari pukul 13.00 WIB melalui platform Zoom Virtual Meeting. Diluar dugaan jumlah peserta yang mengikuti webinar ini melebihi target yang kami harapkan.

Pelaksanaan webinar dengan tema "Identity Crisis: Who am I?" ini mengundang pemateri yang sudah berpengalaman sebagai pembicara di berbagai event dan kompeten dalam bidangnya. Pemateri tersebut adalah Michelle Tania M.Psi., Psikolog yang merupakan seorang psikolog di sebuah lembaga komunitas dan platform digital bernama Lingkar Psikologi.

Dalam pelaksanaannya acara webinar  "Identity Crisis: Who am I?" berlangsung dengan baik sesuai dengan rencana. Pemateri memberikan materi dengan cara yang mudah untuk dipahami dan sesuai dengan tema dari webinar yang sudah ditentukan. 

Kami selaku panitia pelaksana webinar juga memberikan waktu khusus untuk para peserta mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Para peserta pun turut aktif dalam bertanya, bahkan beberapa dari mereka bertanya lebih dari satu pertanyaan kepada pemateri. Selain memberikan edukasi, melalui webinar ini juga dibagikan hadiah berupa e-money kepada peserta yang aktif bertanya dan peserta yang beruntung.

Diharapkan setelah dilaksanakannya acara webinar yang bertujuan untuk mengedukasi ini para remaja saat ini sudah tidak kebingungan lagi mengenai identitas dirinya. Karena pemateri pun telah memberikan penjelasan yang sangat lengkap mulai dari definisi krisis identitas, ciri-cirinya, faktor penyebab, hingga cara untuk mengatasi krisis tersebut. Mereka yang mengikuti webinar ini juga diharapkan dapat menjalankan tips-tips yang sudah diberikan Kak Michelle untuk menghadapi krisis identitas diri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline