Lihat ke Halaman Asli

PMMUMM Dusun Curahjati

PMMUMM Bhaktiku Negeri

PMM UMM Kelompok 14 Bantu Warga Memanen Buah Naga di Dusun Curahjati, Kabupaten Banyuwangi

Diperbarui: 14 Maret 2022   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 14 gelombang 1 membantu memanen buah naga bersama petani jagung di Dusun Curahjati, Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.


Dusun Curahjati adalah salah satu dusun yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani dengan komoditas utama petani buah naga, yang memiliki hasil panen rutin sehingga menjadi penggerak utama perekonomian di dusun Curahjati. 

Dusun curahjati juga terbilang cukup baik dalam menghasilkan hasil panen yang berkualitas.
Pak Marjianto, selaku pemilik salah satu kebun buah naga yang berada dikawasan dusun curahjati desa grajagan merasa cukup antusias akan program kerja yang telah di rencanakan mahasiswa PMM kelompok 14 ini.

Dokpri

Kegiatan memanen buah dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan sebuah gunting, dimasukkan kedalam keranjang yang sudah disediakan oleh petani.


Memanen buah naga hanya dilakukan oleh beberapa petani yang memiliki kebun buah naga tersebut. Panen buah naga dilakukan dari pagi hari pukul 06:00 sampai sore hari pukul 15:00. Sebelum melakukan kegiatan panen buah naga ini kami meminta izin kepada salah satu petani buah naga.


Buah naga siap dipanen jika warnanya sudah berubah dari hijau menjadi merah, bagian kelopak juga akan mulai mengering, berubah warna menjadi kecoklatan saat buah mulai matang, sedangkan, jika bagian kelopak masih berwarna merah atau kuning, berarti buahnya belum matang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline