Lihat ke Halaman Asli

Program Biopori Solusi dari Masalah Genangan Air di SDN 1 Landungsari oleh Mahasiswa PMM UMM

Diperbarui: 27 Agustus 2023   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Foto Pribadi (Praktik Biopori Mahasiswa UMM dengan siswa SDN 1 Landungsari)

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa, untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif. PMM sendiri mempunyai tujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Seperti yang dilakukan pada tanggal 26 Juli 2023, oleh Mahasiswa PMM UMM Kelompok 20 Gelombang 3. Yang anggotanya terdiri dari Dita Ismawanda, Amalia Nur Shadrina, Revi Nur Rahmania, Raflyanto Akbar, Enrico Roy yang berasal dari prodi llmu Komunikasi.

Mereka memberikan solusi untuk permasalahan yang ada di SDN 1 Landungsari. Sekolah tersebut mengalami masalah, bahwa saat hujan ada daerah yang tergenang air hujan. Hal tersebut, membuat mahasiswa PMM memberikan gebrakan baru untuk siswa dan sekolah tersebut. Dengan memberikan sosialisasi dan praktik, yang melibatkan siswa tentang membuat daerah resapan air atau biopori.

Sebelum terbentuknya program biopori ini, Mahasiswa PMM juga sudah berkoordinasi kepada pihak sekolah. Apa ada permasalahan yang bisa dibantu oleh mahasiswa. Pihak sekolah menjelaskan bahwa ada daerah yang tergenang air. Untuk itu, mahasiswa membuat program biopori yang mudah dan praktis. Bisa melibatkan para siswa.

Pada awalnya, mahasiswa menandai empat titik yang ingin dibuat untuk tempat biopori. Lalu, sehabis menandai mereka melubangi empat titik tersebut. Saat praktik juga sebagian mahasiswa, menjelaskan kegunaan dibuatnya biopori ini. Para siswa juga diajak untuk mencoba membuat biopori dengan diawasi oleh Kakak-kakak Mahasiswa.

"Dengan melibatkan siswa ini, kami berharap agar siswa kedepannya paham akan adanya biopori ini," ujar Dita selaku Mahasiswa UMM.

Membuat biopori sendiri jika dipraktikkan lebih mudah, karena bahan yang dibutuhkan dikit. Namun, manfaatnya sangat banyak. Diantaranya selain untuk mengurangi genangan air, biopori juga bisa untuk menjaga keberadaan air di tanah dan meningkatkan kesehatan tanah.

Pihak sekolah juga bersyukur dengan adanya bantuan dari Mahasiswa PMM UMM ini, karena bisa membantu permasalahan yang ada di sekolah. "Saya dari perwakilan pihak sekolah, mengucapkan terimakasih banyak atas pembuatannya biopori di sekolah kami," ujar Lutfi.

Dalam program biopori ini, siswa juga sangat antusias saat diajak untuk praktik biopori. Dilihat dari respon mereka menanggapi dan sigap membantu kakak mahasiswa yang sedang menerangkan cara membuat biopori.

Harapan dari para Mahasiswa PMM UMM ini juga, dengan adanya program biopori ini dapat membantu menangani permasalahan yang ada di SDN 1 Landungsari. Juga bisa memberikan pengetahuan para siswa yang terlibat. Bisa bermanfaat untuk kedepannya. Karena, Mahasiswa PMM UMM berharap program yang mereka jalankan bisa berguna untuk warga sekolah.

Program pembuatan biopori ini, sukses dan berjalan dengan lancar. Disambut oleh antusias para siswa saat penjelasan materi biopori oleh mahasiswa Dengan adanya program ini, tidak adanya lagi daerah yang tergenang air saat hujan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline