Lihat ke Halaman Asli

pmmumm 5913

Mahasiswa

Mahasiswa PMM UMM Mengajarkan Kosa Kata Bahasa Arab di TK ABA 33 Karangploso

Diperbarui: 9 Maret 2023   09:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 59 gelombang 13 yang beranggotakan 5 orang mahasiswa yaitu Rizaldi Alwan, M. Maulana Ichsanul Amal, Ikhlas Sefian, Rinda Ayu Sasmita, Cindi Patika Sari serta dosen pembimbing lapangan ibu I'anatut Thoifah. M.Pd.I. Kegiatan PMM dilaksanakan  di TK ABA 33 karangploso, pada hari rabu 15 februari 2023 dari kelompok 59. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).


Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) merupakan suatu program pemberdayaan oleh mahasiswa. Mahasiswa PMM 59 melakukan pendampingan belajar kepada siswa TK ABA 33 karangploso. Pendampingan ini dilandasi oleh hasil survey awal yang menunjukkan bahwa masih belum adanya pembelajaran bahasa arab di TK ABA 33 karangploso.


Dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab ini dilakukan dengan metode langsung pada siswa seperti bernyanyi dan menulis sehingga kelompok 59 lebih mudah berinteraksi secara langsung dengan siswa, dan siswa lebih mudah dalam menirukan, melafalkan maupun menghafal kosakata bahasa arab yang telah diajarkan. Dalam pembelajaran kosakata bahasa arab, kelompok 59 berharap agar siswa kedepannya mampu memahami bahasa arab dan menumbuhkan rasa cinta pada bahasa arab.


Dalam kegiatan belajar bahasa arab ini kelompok 59 mendapatkan respon yang baik dari guru TK ABA 33 karangploso karena sebelumnnya pelajaran bahasa arab ini tidak diajarkan di sekolah tersebut, semenjak kelompok 59 mengenalkan pelajaran ini di TK ABA 33 karangploso guru-guru menjadikan pelajaran bahasa arab ini untuk dimasukkan kedalam pembelajaran sehari-hari. Respon dari murid-murid juga senang karena kelompok 59 mengajarkan bahasa arab sambil bernyanyi agar materi bisa dihafal murid dengan cepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline