Lihat ke Halaman Asli

Dzaky Furqon Kurnia

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Akankah Online Shop Menjadi Platform Terlaris Sepanjang Masa?

Diperbarui: 11 Juli 2023   13:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kemajuan teknologi di era revolusi zaman sekarang mengalami perkembangan yang amat pesat. Hal ini di buktikan dengan adanya alat teknologi yang semakin banyak beredar di mana mana misal berada di tempat umum, rumah tinggal, Gedung Kesehatan, Gedung Pendidikan, di jalan dan di tempat lainnya. Kemajuan teknologi ini dilakukan karena menyesuaikan perkembangan zaman dan kemajuan negara masing masing untuk menyetarakan kualitas masing masing negara. Tak di pungkiri bahkan teknologi yang mulai berada dari luar Indonesia sekarang sudah bisa masuk ke Indonesia dengan birokrasi dan prosedur pembelajaan yang ada. Itu terjadi karena adanya kebutuhan dan keperluan yang harus ada di negara Indonesia.

Kemajuan teknologi juga dapat mempengaruhi kehidupan manusia.  Ini sebabnya karena teknologi sangat tergantung dan di perlukan oleh manusia. Bahkan kehidupan sehari harinya manusia sering beraitan dengan teknologi atau tidak luput dari teknologi. Ini sudah menjadi hal yang biasa bagi warga negara Indonesia. Misalnya dari segi Kesehatan masyarakat membutuhkan fasilitas Kesehatan berupa pelayanan Kesehatan yang berada di handphone yaitu aplikasi Kesehatan yang berisi pedoman dan pelayanan Kesehatan bagi penderita yang sakit. Dari segi Pendidikan peserta didik bisa mendapatkan pembelajaran dari aplikasi belajar di handphone melalui Internet berupa tayangan pembelajaran materi, soal Latihan, dan panduan mengenai cara belajar yang efektif sampai berhasil. Dari segi perekonomian juga sekarang banyak sekali aplikasi dan platform yang bersifat penjualan dan pembelian. Tentu ini sangat memudahkan dan menguntungkan banyak orang mengenai pembelajaan yang dilakukan oleh pembeli hanya dengan melewati handphone. Dan tentunya masih banyak aplikasi atau platform yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga bisa mengikuti perkembangan zaman sekarang.

Berbicara mengenai perekonomian di Indonesia, banyak e-commerce yang sudah bersaing di bidang dan keunggulanya masih masing. Ada yang mementingkan promo, ada yang mementingkan UMKM, ada yang mengunggulkan conten sehingga menarik perhatian dan lain lainnya. Beberapa ec-commers yang berada di Indonesia sudah menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya banyak kemudahan dan keuntungan jika menggunakan e-commerce di zaman sekarang. 

Masyarakat minat menggunakan e-commerce karena bisa mendapatkan produk yang di ingin kan dengan memilih secara bebas karena terdapat banyak pilihan, banyak promo yang di sugugkan, mudah tanpa harus pergi ke tokonya secara langsung, dan sangat relevan bagi individu yang sibuk. Bahkan karena saking mudahnya penjualan tersebut, siapapun bisa melakukan transaksi di e-commerce tersebut. 

Hal ini tidak luput dari komunikasi pemasaran yang dilakukan bahwa di e-commerce terdapat birokrasi yang jelas dan terstruktur sehingga pembeli bisa melakukan transaksi dengan mudah dan yakin. Selain itu terdapat promosi yang banyak berupa campaign dan konten konten yang menari serta strategi promosi yang efektif. Selain itu demi mendapatkan awernes yang tinggi, maka pemilih toko atau perusahaan melakukan hubungan baik antar perusahaan kepada konsumen seperti melakukan interaksi di live, mengadakan give away dan mengundang konsumen memberikan penghargaan sebagai bentuk hubungan baik antar stakeholder.

E-commerce yang beredar sekarang ini berbeda dengan Personal selling yang melakukan penjualan secara langsung. Karena e-commerce yang ada tidak melakukan penjualan secara  langsung oleh seorang selles, melainkan melakukan promosi dengan cara strategi penjualan yang efektif. Namun jika melakukan pemasaran secara langsung, perusahaan atau toko tersebut jarang bahkan tidak menjual produk namun lebih menjalin hubungan baik dengan stakeholder lain untuk membangun awarnes dengan jangkaun yang lebih besar. Perusahaan atau toko juga bisa menjadi sponsor dari sebuah event music, pertandingan dan lain lainnya.

Pada dasarnya konsep IMC seperti ini tujuannya adalah untuk menjalin hubungan baik antar perusahaan dengan public. Melewati komunikasi perusahaan bisa menjadi awarnes denga cara membuat event dan strategi promosi lainnya. Karena di dalam IMC terdapat fitur yang mengarah pada pola pembelanjaan di e-commerce yaitu kendali pembelanjaan terdapat pada konsumen (Start with the customer or prospect). Perusahaan juga harus jelas menyampaikan tujuan di benak khalayak agar produk tersebut dapat melekat di benak masyarakat. Dan pastinya prusahaan juga harus mendorong target konsumen untuk membeli produk di toko tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline