Lihat ke Halaman Asli

PMM SUMBEREJO BATU

PMM UMM KELOMPOK 101

Kreatif dan Ramah Lingkungan dalam Berkarya, Mahasiswa PMM UMM Membuat Batik Eco Print Berbahan Daun Kering

Diperbarui: 5 November 2021   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Hallo readers!!! Pernahkah kalian melihat banyak sekali macam macam dari variasi dan jenis batik yang ada di negri kita ini?Yup ada banyak sekali jenis dan macam macam batik yang beragam.

Dari mulai batik tulis sampai batik cetak semuanya merupakan karya anak bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan.Nahh kali ini kita akan coba nih satu cara untuk membuat batik dengan berbahan dedaunan kering bareng dengan Mahasiswa (PMM/KKN) Universitas Muhammadiyah Malang di desa sumberejo batu simak terus yahh..

Desa sumberejo merupakan desa yang terkenal dengan pariwisata dan juga usaha budidaya tanaman hias ataupun tanaman konsumsi.Dikarenakan ada banyak macam tumbuhan yang memiliki bentuk dedaunan yang unik unik, para mahasiswa berinisiatif membuat batik dengan bahan utama dedaunan kering.

Bahan bahan lain yang dibutuhkan juga tidak memakan biaya yang begitu banyak dan juga rata rata bahanya ramah lingkungan dan bisa digunakan untukm kebutuhan yang lain tentunya tanpa adanya pewarna yaa,Berikut detail bahan bahan yang dibutuhkan:

Kain dengan serat alami seperti katun, sutera, atau kanvas
Koran
Daun-daunan/ bunga
Air cuka
Palu/Gelas kaca
Campuran air tawas
Pipa peralon
Tali
Panci untuk mengukus

Nah kalau sudah lengkap bahan bahanya yukk kita buatt ,berikut ini adalah cara membuat batik eco print :

1. Mempersiapkan tempat dan kain

Pastikan kamu tidak asal memulai eksperimen eco printing-mu agar tempatmu tidak jadi kotor.Siapkan juga koran sebagai alas untuk memulai eco printingmu.Sebelum kamu mulai menyusun daun di atas kain. Pastikan kain yang akan kamu gunakan sudah kamu rendam dengan air cuka dengan rasio air-cuka 3:1.

Keringkan kain dan kemudia bentangkan pada permukaan koran dan mulai atur posisi dedaunan atau bunga di atas kain.Pastikan, bagian bawah daun atau bagian yang memiliki tulang daun bersentuhan langsung dengan kain.Hal ini dilakukan agar motif daun tertangkap dengan sempurna.

2. Atur dedaunan hingga kamu menemukan pola yang oke

Kam bebas untuk mengatur daun dan bunga sesuai dengan pola yang kamu inginkan.Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan dedaunan kering dan dedaunan segar.Motif atau pola secara acak pun hasilnya akan tetap bagus, lho!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline