Lihat ke Halaman Asli

PMM SUMBEREJO BATU

PMM UMM KELOMPOK 101

Mendukung New Normal dari Pandemi Covid-19, Mahasiswa PMM UMM Melakukan Edukasi Covid-19

Diperbarui: 5 November 2021   11:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Hallo readers!!! Kali ini kita berkunjung sekaligus melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM/KKN) Universitas Muhammadiyah Malang ke desa Sumberejo nihh.....

Desa Sumberejo merupakan salah satu desa yang menerapkan new normal di Kota Batu. Pandemi COVID-19 merubah berbagai tatana masyarakat di berbagai sektor di dunia. Masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga jarak dan tetap tinggal di rumah. 

Sekolah, bekerja bahkan beribadah harys dilakukan di rumah. Hampir seluruh negara menghimbau warganya untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Kemudian bersama sama seluruh negara bekerja sama meminimalisir persebaran COVID-19 dengan kebijakan protokol kesehatan untuk mengurangi persebaran COVID-19. 

Munculah new normal sebagai bentuk perubahan untuk memulai kehidupan berdampingan dengan COVID-19 namun tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan agar persebaran COVID-19 tidak kembali melonjak. Untuk mendukung new normal di Desa Sumberejo Kota Batu, mahasiswa PMM/KKN kelompok 101 Universitas Muhamadiyah Malang membuat program "Edukasi Covid-19 di Sekolah". 

Program "Edukasi Covid-19 di Sekolah" merupakan program untuk mengedukasi peserta didik dalam menghadapi new normal di sekolah. Program ini dilaksanakan di SDN 03 Sumberejo yang sudah menerapkan model pembelajaran luring atau tatap muka. 

Dengan bantuan dari pihak mitra yaitu Kepala Desa Sumberejo yaitu Drs. Riyanto, kelompok 101 dapat dihubungkan dengan staf sekolah SDN 03 Sumberejo sehingga program "Edukasi Covid-19 di Sekolah" dapat terlaksana dengan lancar. Program "Edukasi Covid-19 di Sekolah" dilaksanakan selama 2 hari dengan berbagai kegiatan. 

Kegiatan kegiatan pada program "Edukasi Covid-19 di Sekolah" untuk mendukung New Normal antara lain ialah edukasi pengetahuan mengenai COVID-19, cara pencegahan COVID-19, gejala terpapar virus COVID-19, edukasi cara mencuci tangan yang benar, edukasi pemakaian masker yang benar, membuat alat cuci tangan, membuat hand sanitizer dan pembagian masker. 

Strategi kelompok 101 dalam menarik perhatian peserta didik dalam melaksanakan edukasi COVID-19 ialah dengan memanfaatkan media sosial yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat khususnya anak anak yaitu aplikasi Tiktok. Kelompok 101 membuat gerakan dance atau tarian cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan aplikasi tiktok dan menarikan bersama sembari di rekam melalui aplikasi tersebut. Sehingga antusias anak anak meningkat dan penuh semangat. 

Dokumen pribadi

Dengan adanya program ini diharapkan dapat menambah wawasan peserta didik untuk tetap memperhatikan potokol kesehatan dalam proses belajar mengajar di sekolah secara luring atau tatap muka amupun kegiatan di luar sekolah. Sehingga penyebaran COVID-19 dapat diminimalisir.

Terima kasih readerrss...!!! telah membaca salah satu program kerja PMM/KKN kelompok 101 Universitas Muhamadiyah Malang yaitu program "Edukasi Covid-19 di Sekolah" semoga bermanfaat bagi para pembaca... ><




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline