Lihat ke Halaman Asli

Aulia WidyastutiCahyaningsih

Mahasiswa Univeristas Muhammadiyah Malang

Kegiatan Pendampingan Pembuatan Modul Numerasi Berbasis AKM Bersama Mahasiswa PMM UMM Kelompok 110

Diperbarui: 2 November 2022   17:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen ini dilakukan oleh kelompok 110, yang beranggotakan 5 mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Malang dari fakultas, jurusan, dan angkatan yang sama. 

Yakni Aulia Widyastuti Cahyaningsih sebagai koordinator, Elly Nuraini sebagai bendahara, Rasda Tanggapili sebagai sekertaris, Qori Maslakha Diniya sebagai humas, dan Cindy Mulya Supaedi sebagai multimedia. Ke-5 mahasiswa ini berasal dari FKIP jurusan Pendidikan Matematika angkatan 2019.

Kelompok 110 melakukan pendampingan pembuatan modul berbasis AKM kepada guru matematika serta workshop yang ditujukan untuk siswa dengan tema "Tips and Trick menyelesaikan soal AKM". Kegiatan ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan dosen pembimbing kegiatan Adi Slamet Kusumawardhana, M.Si dan Rizal Dian Azmi, M.Pd.

Kegiatan pertama adalah diadakannya webinar sebagai pembukaan kegiatan PMM ini. Webinar dengan tema "Urgensi Modul Pembelajaran" dan "Pembelajaran Berbasis Proyek" bertujuan untuk memberikan edukasi pentingnya penggunaan modul dalam proses pembelajaran dan pelaksanan pembelajaran berbasis proyek.

Setelah kegiatan webinar selesai, mahasiswa mulai menyusun template modul numerasi berbasis AKM yang akan diberikan kepada guru matematika.

Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. 

Instrumen ini diperlukan oleh guru karena didalam instrumen ini dirancang untuk menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar murid.

Mahasiswa mulai melakukan pendampingan pembuatan modul numerasi berbasis AKM kepada guru matematika. Kegiatan yang dilakukan meliputi penentuan CP (capaian pembelajaran), penentuan kategori soal berorientasi AKM, menyusun materi serta soal berorientasi AKM. Modul numerasi berbasis AKM yang dibuat sesuai dengan template yang sebelumnya sudah diberikan kepada guru.

Dokpri

Selesai pembuatan modul, mahasiswa melakukan review untuk mengecek apakah modul yang dibuat sudah sesuai dengan template serta kesesuaian modul dengan AKM. Tahap akhir yaitu koreksi modul oleh dosen pembimbing lapangan sebelum modul diserahkan kepada guru matematika untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline