Lihat ke Halaman Asli

PMM Pakis1116

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa

Belajar Kesehatan Mental Bersama Siswa-Siswi SMPN 1 Pakis, Malang

Diperbarui: 11 Desember 2021   08:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Covid-19 adalah penyakit menular yang diakibatkan oleh infeksi virus coronavirus jenis baru. Penyakit ini diketahui muncul pertama kali di Wuhan, China pada Desember 2019 (WHO, 2020). Covid-19 merupakan penyakit pernapasan akut yang menjadi pandemi global dan disebabkan oleh coronavirus atau SARS-Cov-2 (Ehrlich, 2020). Karena pandemi covid-19 ini tak kunjung usai, dampaknya tak hanya pada kesehatan fisik,  pandemi ini juga berdampak kepada kesehatan mental. Namun sampai saat ini, kebanyakan orang kurang paham dan tidak menyadari mengenai kesehatan mental itu sendiri. Padahal kesehatan mental sangat penting bagi tiap orang dimana dengan kesehatan mental yang baik dapat membuat orang produktif, inovatif dan sejahtera. Jika kesehatan mental terganggu, maka akan membuat seseorang mudah stres dan depresi sehingga tidak maksimal dalam melaksanakan kegiatannya.

dokpri

 

Di kondisi masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, perlu adanya edukasi untuk menghimbau kepada siswa siswi  SMPN 1 Pakis akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Karena pada dasarnya di masa pandemi ini, tidak hanya kesehatan fisik yang terkena dampaknya, akan tetapi kesehatan mental juga.  Oleh karena itu, kelompok kami berharap dengan adanya edukasi yang kelompok kami sampaikan dapat memberikan manfaat juga menimbulkan dampak positif bagi seluruh Warga Sekolah SMPN 1 Pakis. 

dokpri

 

Kesehatan mental menjadi isu yang begitu menarik untuk selalu di bahas, hal ini menjadi teka-teki yang sangat menarik bagi sebagian besar orang. Kesehatan mental merupakan kondisi dimana individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan, mampu bekerja sama produktif dan menghasilkan, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya. Terdapat juga beberapa jenis penyakit mental yang dapat kita waspadai yakni Gangguan emosi, masalah perilaku, gangguan makan, psikosis, menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri, dan perilaku pengambilan risiko. gejala-gejala yang ditimbulkan dari adanya gangguan mental ini terdapat beberapa ciri seperti: ketakutan tinggi, cemas, kurangnya konsentrasi, perubahan fisik non pubertas, perubahaan mood, skizofrenia, seringkali lupa, pemahaman aneh, emosi yang kuat, perilaku membahayakan diri. 


 

lalu bagaimana cara mengatasi mental illness ini? menurut Canadian Mental Health Association kita dapat melakukan olahraga, makan dengan benar dan mengendalikan stress yang kita hadapi.  

dokpri

Kesehatan mental yang akan kami edukasikan terkait bagaimana mental yang sehat itu, gejala mental yang sedang tidak baik, dan bagaimana cara kita untuk menjaga mental kita untuk tetap sehat. Bersama siswa-siswi kelas 7 A hingga J kami menyemarakkan dan memberikan edukasi kepada mereka tentang kesehatan mental pada masa Pandemi seperti ini. 

dokpri

 

Dengan adanya edukasi tentang kesehatan mental, kami berharap bahwa ilmu yang telah kami berikan tidak hanya berhenti pada lingkungan sekolah saja, namun para siswa dapat menjadi agen perubahan bagi lingkungan sekitar mereka juga. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline