Lihat ke Halaman Asli

PMM 94 Mitra Dosen UMM Dampingi Tim KTI SMAI Batu Hasilkan Produk

Diperbarui: 8 Januari 2023   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana PMM 94 Mitra Dosen UMM, ketika melakukan pemaparan pembuatan produk karya ilmiah kepada siswa SMAI Batu/dokpri

FLOWSIDA hasil produk karya ilmiah siswa SMAI Batu bersama PMM 94 Mitra Dosen UMM/dokpri

APELBULI hasil produk karya ilmiah siswa SMAI Batu bersama PMM 94 Mitra Dosen UMM/dokpri

Kota Batu merupakan kota yang banyak potensi berbasis sosial, budaya dan pariwisata. Banyaknya potensi tersebut masih belum dikembangkan dengan baik. Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa / PMM 94 Mitra Dosen yang dilakukan di SMA Islam Batu diharapkan dapat memanfaatkan potensi tersebut dari Kota Batu. Pengabdian ini dilakukan dengan mendampingi siswa dalam menulis karya tulis ilmiah. Di SMAI Batu terdapat ekstrakulikuler karya tulis ilmiah yang memiliki banyak prestasi dengan menjuarai perlombaan karya tulis ilmiah tingkat nasional. Diharapkan juga nantinya dapat menjuarai perlombaan KTI tingkat nasional kembali sekaligus memanfaatkan potensi yang ada di Kota Batu.

Program pengabdian ini dilakukan oleh kelompok 94 merupakan PMM Mitra Dosen, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Malang, dosen pembimbing PMM: Tutut Indria Permana, M.Pd., Mirza Nuryadi, S.Si., M.Sc. dan Diani Fatmawati, M.Pd., serta anggota PMM: Ikmal Reza Fahlevy dan Ivan Ardiansyah. Pengabdian ini dimulai pada tanggal 10 Oktober 2022 sampai dengan tanggal 30 Desember 2022. Dengan melakukan koordinasi bersama guru pembina KIR (Nindi Alvionita Candra, S.Pd.) program PMM ini berjalan dengan lancar. Sehingga tujuan dari program PMM ini dapat ter-realisasikan dengan baik.

Setelah dilakukannya pendampingan dalam penulisan karya tulis ilmiah pada siswa SMAI Batu selanjutnya melakukan pembuatan produk karya tulis ilmiah. Produk pada karya tulis ilmiah ini disesuaikan dengan tema atau gagasan ide yang sudah ditemukan pada masing-masing kelompok. Produk ini juga akan mendukung KTI yang sudah disusun untuk menjadi KTI yang lebih sempurna. Nantinya hasil KTI ini akan diikutkan perlombaan KTI tingkat national yang diadakan salah satu universitas di Bali. Salah satu dosen pembimbing PMM (Tutut Indria Permana, M.Pd.) mengatakan "Prestasi siswa SMAI Batu dapat meningkat dengan KTI berdasarkan banyaknya potensi di Kota Batu".

Kepala sekolah SMA Islam Batu (Ikhwan Hariono, S.M.) menyampaikan "Bahwa merasa senang kegiatan PMM ini dilakukan di SMA Islam Batu dalam mendampingi siswa menulis karya tulis ilmiah sehingga dapat meningkatkan prestasi pada karya tulis ilmiah siswa". 

Hasil dari pendampingan penulisan karya tulis ilmiah yang sudah dilakukan terdapat 2 judul yang diikutkan perlobaan KTI tingkat nasional. Judul pertama yaitu FLOWSIDA (Pemanfaatan Limbah Bunga Sebagai Larvasida Alami): Upaya Eradikasi Demam Berdarah di Kota Batu dan judul kedua yaitu APELBULI (Aplikasi Pelaporan Tindakan Pembulian) Berbasis Telegram: Solusi Atasi Bullying Di Sekolah. Salah satu mahasiswa PMM 94 (Ivan Ardiansyah) menyampaikan "Kedua ide produk karya tulis ilmiah ini berhasil digali oleh siswa SMA Islam Batu seiring dengan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh PMM 94". FLOWSIDA merupakan solusi dari permasalahan yang ditemukan dengan memanfaatkan bunga yang sudah menjadi limbah untuk digunakan sebagai larvasida alami nyamuk. Kemudian APELBULI berasal dari inovasi penanggunalangan permasalahan bullying di kalangan pelajar sekolah dengan membuat pengembangan bot telegram untuk pelaporan tindakan pembulian. Pemikiran kritis seperti inilah yang perlu dikembangkan lebih dalam dengan harapan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline