Lihat ke Halaman Asli

PMM Kel 86 Gelombang 4

PMM KELOMPOK 86 GELOMBANG 04

Menghijaukan Kawasan Sekolah Pattanakarnsuksa oleh Mahasiswa UMM di Thailand

Diperbarui: 19 Mei 2021   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Sebagai upaya untuk meningkatkan kenyamanan bagi siswa di sekolah Pattanakarnsuksa di era new normal, kegiatan menghijaukan kawasan sekolah dapat menjadi salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan kualitas dan kenyamanan bagi siswa di sekolah Pattanakarnsuksa karena, sekolah merupakan tempat menuntut pelajaran untuk lengkapi dirinya dengan ilmu pengetahuan dan kemahiran berguna lantaran itu. Maka persekitaran dalam kawasan sekolah juga yang kondusif akan mempunyai pengaruh yang besar terhadap pelajar dalam menelaah pelajaran dan menuntut ilmu. Setiap pelajar akan merasa tenang dan tenteram dengan kawasan yang memiliki pandangan yang indah yang berupa pohon-pohon dan bunga.

Maka dengan itu, Kelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) yang berada dibawah naungan Derektorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki program kegiatan untuk menghijaukan kawasan sekolah dengan menanamkan beberapa pohon dalam kawasannya.

Kamis (8/4) lalu,  Mahasiswa PMM UMM kelompok 86 gelombang 4 yang dibimbing oleh Faris Rizal Andardi, S.T., M.T. selaku Dosen Pembimbing  Lapangan (DPL) melakukan kegiatan  dalam menghijaukan kawasan sekolah  dengan mempersiapkan peralatan dan pohon yang akan digunakan dalam kegiatan menghijaukan kawasan sekolah Pattankarnsuksa. Kegiatan ini pada umumnya adalah menanamkan pohon-pohon dalam kawasan sekolah Pattanakarnsuksa. Pohon tersebut akan kami belikan di toko jualan pohon di kota Hatyai. Pohon tersebut memilki harga sebanyak 60 Bath untuk 1 pohon. Dan kami membelikannya sebanyak 10 pohon untuk menanamkan di kawasan sekolah Pattanakarnsuksa.

Dok. pribadi

Sabtu (10/4), Mahasiswa PMM UMM mulai dalam menanam pohon di kawasan sekolah seperti di depan gedung utama sebanyak dua bibit pohon, jalan masuk sebanyak dua bibit pohon, belakang gawang bola sebanyak satu bibit pohon, depan asrama siswa sebanyak empat bibit pohon dan depan dapur umum sekolah sebanyak satu bibit pohon. Setelah kami menanam pohon tersebut kami menyiramkan dengan air di setiap pohon yang kami menanamkan. Kendala yang didapatkan oleh mahasiswa PMM UMM dalam kegiatan ini adalah cuaca yang sangat panas sehingga sangat membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak daripada kegiatan yang lain.

Tujuan utama dari PMM UMM dalam melaksanakan kegiatan menghijaukan sekolah Pattanakarnsuksa tidak terlepas dari untuk menciptakan rasa tenang dan tenteram bagi siswa di sekolah Pattanakarnsuksa. Dan hal tersebut akan menciptakan kenyamanan bagi siswa dan guru di sekolah, Selain itu, karena terdapat bahwa geografi sekolah Pattanakarnsuksa terletak di tengah sawah yang sangat sedikit terdapat pohon untuk menjadikan tempat naungan dari sinaran mata hari di siang hari.Maka harapan kami adalah tanaman pohon-pohon tersebut juga akan dapat menjadi naungan bagi siswa di sekolah dari sinaran matahari yang sangat panas di siang hari.

Gegiatan menghijaukan ini kita menggunakan sekolah Pattanakarnsuksa yang lerletak di kampung Banhoh, Kecamatan Tungtumsau, Kebupaten Hatyai, Provinsi Songkhla. Sebagai tempat lokasi dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Alasan kami memilih sekolah Pattanakarnsuksa karena terdapat geografi yang sangat cocok dalam menanamkan pohon. Dan sebagai harapan kami untuk dapat memberikan suatu hal yang bermanfaat bagi sekolah pada masa depan nanti. Kegiatan menghijaukan kawasan sekolah ini kami melaksanakan mulai pada tanggal 8 April 2021 sampai tanggal 12 April 2021 dengan memakan waktu selama  hari dalam penyelesaian kegiatan menghijaukan kawasan sekolah Pattanakarnsuksa.

Dok. pribadi

Langkah-langkah dalam melaksanakan kegiatan menghijaukan kawasan sekolah Pattanakarnsuksa terdapat yaitu pada hari pertama kami mempersiapkan peralatan dan pohon-pohon yan akan digunakan dalam kegiatan ini, Dan Langkah selanjutnya kami memberikan tanda-tanda di tempat dalam kawasan sekolah yang kami akan menanamkan pohon dengan menggunakan waktu selama dua hari dalam menyelesaikannya. Setelah kami memberikan tanda di beberapa tempat dalam kawasan sekolah Pattanakarnsuksa kami menanamkan pohon-pohon di kawasan sekolah Pattanakarnsuksa sesuai dengan tempat-tempat yang ditelah ditandai pada Langkah sebelumnya. Tempat-tempat yang kami menanamkan pohon adalah depan gedung utama sebanyak sebnyak dua bibit pohon, jalan masuk sebanyak dua bibit pohon, belakang gawang bola sebanyak satu bibit pohon, depan asrama siswa sebanyak empat bibit pohon dan depan dapur umum sekolah sebanyak satu bibit pohon. Setelah kami menanam pohon tersebut kami menyiramkan dengan air di setiap pohon yang kami menanamkan. Dalam kegiatan ini kami menggunakan waktu sebanyak 6 hari dalam menyelesaikannya.

Nattapong Mookam selaku anggota PMM UMM kelompok 86 berpendapat bahwa kegiatan menghijaukan sekolah merupakan salah satu kegiatan yang cukup berat bagi anggota kelompok masiswa UMM yang sedang bertugas PMM di sekolah Pattanakarnsuksa dengan jumlah hanya dua orang. Namun, keberatan tersebut dihilangkan dengan keiklasan mereka terhadap kegiatan menghijaukan kawasan sekolah.  Dan harapan mereka adalah untuk dapat menciptakan suasana sekolah yang damai, tenang serta tenteram bagi seluruh pelajar di sekolah Pattanakrsuksa di masa depan nanti. Dan suasana tersebut akan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pelajar yang sedang menuntut ilmu. Karena,pandangan yang indah dapat menciptakan hati yang tenang dan hati yang tenang akan menciptakan kemauan dan semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu. Selain itu, pohon-pohon yang ditanam juga dapat bermanfaat bagi pelajar dan petugas lain di sekolah karena pohon itu dapat menjadi naungan bagi pelajar dan petugas di sekolah dari sinaran matahari di siang hari yang sangat panas.[FR1]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline