Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM Kampanyekan SDGs Poin ke 12 Melalui Lomba Mewarnai bersama Siswa MI Miftahul Huda

Diperbarui: 3 Oktober 2023   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa dan Siswi Kelas 1 MI Miftahul Huda bersama Kelompok 163 Gelombang 6 dalam Kegiatan Lomba Mewarnai (Dok. pribadi)

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kampanye SDG's Poin ke 12 melalui lomba mewarnai yang mana menjadi salah satu bagian dari program kerja dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 163 Gelombang 6 pada hari Rabu, 16 Agustus 2023. Dengan beranggotakan Andi Khafifah Nurul Isnaini A. Tagunu, Nora Abdullah Basyaeb, Adilia Khansa Azzahrah, dan Putri Fatimah Zahra yang berasal dari prodi Hubungan Internasional serta Shafa Nirjara Roa yang berasal dari prodi Kedokteran dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ibu Sofa Amalia, S.Psi, M.Si. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) serta merupakan suatu kegiatan yang mewadahi para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang untuk melakukan berbagai aktivitas positif secara langsung ke masyarakat.  

Perayaan 17 Agustus tentunya menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia tak terkecuali siswa dan siswi di MI Miftahul Huda. Dalam menyemarakkan perayaan 17 Agustus ini, lomba mewarnai digelar dan diikuti oleh siswa dan siswi kelas 1 MI Miftahul Huda. Antusiasme dirasakan saat lomba mewarnai ini di mulai. Selain dapat belajar tentang macam-macam warna, mereka juga dapat belajar mengenai pengelolaan sampah yang baik dan benar lewat lomba mewarnai ini.

Selain lomba mewarnai, sosialisasi SDG's Poin ke 12 juga dilakukan oleh kelompok 163 gelombang 6 melalui penayangan video yang berkaitan dengan SDG's poin ke 12 serta pembelajaran mengenai pengelolaan sampah yang baik, dengan mengajak para siswa dan siswi menanam menggunakan botol plastik bekas sebagai wadahnya.

Kegiatan Menanam Tumbuhan dengan Media Botol Plastik Bekas (Dok. pribadi)

Lomba mewarnai dilakukan selama 2 Jam dan dibarengi dengan pemberian edukasi kepada siswa dan siswi kelas 1 MI Miftahul Huda mengenai makna dari gambar yang mereka warnai, yaitu tentang pengelolaan sampah dengan 3R (Reuse,Reduce, Recycle). kemudian kegiatan lomba mewarnai ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang dan penjelasan mengenai pengelolaan sampah serta penyerahan 2 buah tong sampah untuk sampah organik dan anorganik.

Pembagian Hadiah Kepada Para Juara Lomba Mewarnai (Dok. pribadi)

Kelompok 163 gelombang 6 berharap sosialisasi terkait SDG's poin ke 12 ini dapat memupuk rasa tanggung jawab dan cinta lingkungan serta untuk siswa dan siswi MI Miftahul Huda bisa mengelola sampah secara baik dan bijak baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline