Lihat ke Halaman Asli

pmmdusunbendrong

pmmdusunbendrong

Mahasiswa PMM UMM Mendirikan Pos Membaca: "Dengan Literasi, Bangkitkan Negeri"

Diperbarui: 18 Juli 2021   15:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokpri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendirikan Pos Baca untuk anak-anak di Desa Argosari, Dusun Bendrong, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Melalui Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 47 gelombang 9. Mahasiswa PMM ini membuat pos baca dengan mengusung tema Dengan Literasi Bangkitkan Negeri. Pos Baca ini di tempatkan di Sebelah TPQ Roudlotut Tholibin.  Pemilihan tempat dilakukan agar anak-anak mampu menjangkau pos baca ini dengan mudah.

Tingkat literasi Indonesia yang berada pada peringkat 62 dari 70 menujukkan bahwa literasi membaca di Indonesia masih sangat rendah.  Hal ini , membuat Mahasiswa PMM Kelompok 47 Gelombang 9 berkeinginan untuk membuat pos baca. Tujuan mendirikan pos membaca tersebut yaitu supaya memberikan edukasi terhadap anak-anak kecil disana guna meningkatkan daya tarik membaca terhadap buku di masa pandemi yang serba online.  Pos baca ini juga diharapkan membantu persoalan yang dihadapi bangsa ini, sesuai dengan tema yang diusung yakni Dengan Literasi, Bangkitkan Negeri.

Saat pandemi ini minat baca anak anak menurun, hal ini diakibatkan sekolah online yang membuat anak anak tidak datang ke sekolah serta memiliki watu terbatas untuk membaca dan adanya kendala untuk meminjam buku di perpustakaan. Dalam Pos Baca ini berisi buku- buku yang sebelumnya didapatkan melalui kegiatan open Donasi. Dari hasil open donasi  didapatkan sejumlah 90 buku yang layak baca. Pemilihan buku jenis dan topik buku juga menjadi salah satu perhatian utama yang dilakukan, mengingat Pos Baca ini sasaran utamanya  adalah anak kecil. Rata-rata buku yang tersedia berupa buku dongeng, novel, hingga buku ilmiah yang tentunya menarik untuk dibaca.

Pos Baca yang didirikan ini mendapatkan antusias dari anak-anak maupun masyarakat sekitar Dusun Bendrong. Masyarakat sangat mendukung kegiatan ini, dengan adanya pos baca, anak-anak dapat mengisi kegiatan waktu luangnya dengan membaca buku, apalagi pembelajaran online ini lebih menghabiskan waktu di rumah saja. Adanya pos baca yang didirikan sangat bermanfaat bagi anak-anak di Dusun Bendrong ujar Bapak Arifin selaku Kepala Desa Argosari




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline