Lihat ke Halaman Asli

Pmm Dresel

PMM DUSUN DRESEL

Perencanaan dan Pembuatan Peta Dusun DRESEL, PMM Gelombang 8 Kelompok 69

Diperbarui: 13 November 2022   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Salah satu program kerja dari PMM Kelompok 69, Gelombang 8 terkait pembuatan peta dusun Dresel, Kota Batu.

"Tujuan dari pembuatan peta ini adalah sebagai salah satu panduan atau gambaran dari keseluruhan letak atau posisi dusun yang digambarkan dalam sebuah output yang dapat dibaca dengan keterangan-keterangan tertentu yang ada dalam legenda peta", ujar Hafid dan Ghaitzha selaku PJ pembuatan peta.

Sasaran yang ingin kita dicapai dari kegiatan ini adalah agar warga ataupun orang luar yang masuk ke dusun ini dapat melihat letak atau gambaran keadaan dari dusun ini, serta letak dari penampakan fisik dari dusun ini seperti letak balai pengajian / RTQ, Balai Desa dan lain sebagainya. Pembuatan peta ini mengandalkan beberapa aplikasi/ software penunjang seperti Google Earth, ArcGIS. Output dari peta ini di cetak dengan ukuran 42 cm x 59,4 cm. Kemudian peta yang telah dicetak di bingkai dengan menggunakan kayu sekelilingnya untuk selanjutnya peta ini di tempatkan di beberapa RW sekitar dusun sebagai penunjuk atau panduan bagi warga serta orang yang memasuki dusun ini.

Pembuatan peta dusun ini didasari dengan banyaknya objek wisata yang ada di Dusun Dresel ini sehingga kita membuat program kerja ini agar masyarakat luar Dusun Dresel tahu akan banyaknya objek wisata yang belum terjamah oleh wisatawan.

MANFAAT DARI PETA

1. Untuk Mengetahui Data dari Suatu Wilayah
Seperti yang diketahui, di dalam peta tidak hanya melulu menunjukkan letak atau situasi suatu wilayah saja, melainkan juga bisa menunjukkan atau membantu kamu dalam mendapatkan data dari peta.

Maksudnya, manfaat peta dalam kehidupan sehari-hari ini bisa mengetahui dengan jelas di mana distrik yang padat warga dan masih jarang penduduk apabila kamu hendak pindah lokasi tinggal ataupun pergi ke kota lain.

2. Mudah dalam Mencari Lokasi
Untuk manfaat peta yang satu ini pastinya sudah diketahui oleh semua orang. Ya, peta sangat memudahkan kamu dalam memahami lokasi yang ada sehingga bisa sampai ke tempat tujuan dengan benar dan aman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline