Lihat ke Halaman Asli

PMM DesaNgabab

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa

Tips Pemanfaatan Media Digital Sebagai Sarana Promosi Bagi UMKM Produksi Susu Sapi dan Cara Memproduksi Susu Sapi itu Sendiri di Desa Ngabab Pujon

Diperbarui: 29 Februari 2024   16:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lokasi Produksi Susu Sapi di Desa Ngabab Pujon (Dok. pribadi)

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa merupakan sebuah program yang wajib diikuti oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan PMM ini dilaksanakan oleh Kelompok 35 Gelombang 2 yang terdiri dari Ilham Ari Fantoni, Muhammad Iqbal Syahrial, Jegi Bagasta, Nurul Hafizah Septiriza, dan Naura Jasmine Nugroho dibawah bimbingan Ir. Shanty Kusuma Dewi, ST., MT. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada kelompok 35 untuk memberikan tips dalam pemanfaatan media digital sebagai sarana promosi, serta dapat membantu serta belajar bagaimana proses produksi UMKM Susu Sapi.

Proses Produksi (Dok. pribadi)

Dengan kemajuan teknologi saat ini setiap orang masuk ke era digital dan mobile. Dibandingkan dengan dulu iklan dilakukan melalui televisi, radio, koran dan lainnya. Kini, internet dan aneka device atau gadget bisa menggantikan media tersebut melalui promosi iklan secara online melalui berbagai aplikasi sistus wes dan sebagainya. Akan tetapi perkembangan teknologi yang pesat dapat menjadi tantangan tersendiri bagi penggunanya. Promosi yang dilakukan baru hanya sebatas peomosi antar tetangga atau langganan dan perusahaan yang sudah bekerjasama sebelumnya. Hal ini terjadi di beberapa UMKM produksi susu sapi di Desa Ngabab, yang terjadi karena pemahaman digitalisasi dan bagimana cara memanfaatan yang bellum merata, sehingga UMKM belum dapat memaksimalkan promosi dalam menggunakan berbagai berbagai situs web, aplikasi dan jaringan online liannya.

Maka dari itu kami memberikan bebera tips strategi pemasaran UMKM di era berikut:

  • Pahami Target Audience 
  • Bangun Branding Digital
  • Bangun Sosial Media Presence
  • Manfaatkan E-commerce dan Marketplace
  • Gunakan Konten Multimedia
  • Kolaborasi dengan Influencer
  • Buat Program Loyalitas dan Diskon
  • Buat dan Optimasi Website
  • Pasang Iklan Berbayar
  • Berikan Layanan Pelanggan Digital
  • Lakukan Analisis Data

Beberapa tips ini dapat diterapkan dengan memanfaatkan berbagai vitur media digital yang ada.

Pemasangan Tips Pemasaran (Dok. pribadi)

Selain Pemanfaatan media digital kami juga ikut serta serta dalam membantu proses produksi UMKM yaitu dalam pembuatan susu. Kami membantu membuat susu yang baru di peras hinga matang dan dikemas sedemikian rupa sehingga layak dikonsumsi dan pasarkan. Proses ini memakan waktu beberapa jam mulai dari mendinginkan susu sapi yang baru di perah, memasak susu dengan suhu panas tertentu, mendinginkan susu yang sudah matang hingga dikemas sedemikina rupa sehingga layak dikonsumsi dan dipasarkan.

Hal ini dilakukan dengan tujuan membantu meringankan sumber daya manusia yang berada disana. Dengan program program yang kami lakukan serta metode-metode yang kami berikan ini diharapkan dapat UMKM Desa Ngabab Pujon lebih maju dan dapat mengaplikasikan teknologi lebih maksimal.

Dokumentasi Kelompok PMM dengan Pemilik (Dok. pribadi)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline