Lihat ke Halaman Asli

PMM DesaBumiaji

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa

Berakhirnya Kegiatan PMM Kelompok 10 di Desa Bumiaji Terutama dengan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari)

Diperbarui: 10 Maret 2022   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kelompok 10 PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) gelombang 1 telah melakukan semua kegiatan yang dilakukan selama 30 hari lamanya di Dusun Banaran Desa Bumiaji. Kegiatan ini lebih ke pengenalan pertanian di Desa Bumiaji, karena memang pada dasarnya program kerja yang kami bawa merupakan program baru di Desa Bumiaji.

Program kerja yang kami sampaikan di Desa Bumiaji terutama KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yaitu berupa pengenalan tanaman telang dan rosella sebagai tanaman yang banyak khasiat bagi kesehatan, kami menyampaikan program penanaman rosella dan telang, kemudian adanya pembuatan pupuk organik cair (POC) serta pestisida nabati sebagai upaya untuk menekan penggunaan bahan kimia sebagai pupuk dan pestisida. Memang pada dasarnya masyarakat di Desa Bumiaji terutama Dusun Banaran masih bergantung ke penggunaan bahan kimia sebagai upaya pemeliharaan tanaman.

Dengan adanya permasalahan tersebut kami dari kelompok 10 yang berisi anggota dari mahasiswa jurusan pertanian merasa memiliki tanggung jawab untuk menanggulangi permasalahan ketergantungannya masyarakat dalam penggunaan bahan kimia di bidang pertanian. Dengan membawa program kerja tersebut, puji syukur semua program kerja yang kita berikan berjalan dengan baik dari awal sampai akhir.

Penutupan PMM kami ditutup dengan melakukan tasyakur bin ni'mah atau dikenal dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kelancaran dari awal kegiatan sampai dengan akhir kegiatan. Penutupan ini dihadiri oleh perangkat desa dan anggota dari KRPL sendiri. Dimana pihak tersebut merupakan pihak yang berperan langsung di kegiatan ini, dimana perangkat desa yang menghubungkan antara kami dengan kelompok KRPL. Sedangkan KRPL adalah yang terlibat langsung bersama kami untuk urusan di lahan.

Dengan dilaksanakannya program kerja yang kami bawa, kami mengharapkan bahwa KRPL sendiri bisa meneruskan apa yang telah kita sampaikan kemudian kami berharap bahwa KRPL dapat  menyampaikan ke seluruh masyarakat desa Bumiaji terkait program kerja yang kami berikan. Kami memberikan pengenalan pertanian dibagian budidaya tanaman telang dan rosella dari awal penanaman sampai pengolahan hasil pasca panen. Hasil pasca panen sendiri kami berharap akan menjadikan dan menumbuhkan usaha baru bagi KRPL bahkan menjadikan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa).

Dengan berjalannya acara dari awal sampai akhir yang berjalan dengan lancar ini, kami juga tak lupa ingin memberikan rasa terima kasih kepada pihak yang terlibat, baik pihak desa Bumiaji maupun pihak masyarakat yang telah mendukung berjalannya program kerja kami.

Dengan demikian kelompok 10 PMM gelombang 1 mengakhiri kegiatan di Dusun Banaran Desa Bumaji dari awal sampai akhir, kami tidak akan melupakan dan meninggalkan Dusun Banaran Desa Bumiaji ini dengan begitu saja, memang program kerja kami telah diakhiri, namun hubungan baik kami dengan masyarakat Desa Bumiaji tidak akan terputus beitu saja, kami tetap akan sesekali untuk datang dan tetap melakukan koordinasi terkait perkembangan dan apa yang telah kita sampaikan di hari sebelumnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline