Lihat ke Halaman Asli

PMM DesaBumiaji

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa

Pengaplikasian Pupuk Organik Cair (POC) sebagai Bahan Pengganti Pupuk Kimia di Lahan KRPL desa Bumiaji

Diperbarui: 9 Maret 2022   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah yang telah diterjunkan ke masyarakat langsung untuk program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merasa bahwa pentingnya kami sebagai mahasiswa untuk memberikan edukasi terkait Pupuk Organik Cair (POC). 

Dengan latar belakang masyarakat desa Bumiaji memiliki masalah terkait penggunaan pupuk kimia kami memutuskan untuk melakukan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) bersama dengan anggota KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari).

Setelah melakukan sosialisasi terkait pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) bersama anggota KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), kelompok PMM kami bersama anggota KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) melakukan praktik pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan melakukan pengecekan perkembangan Pupuk Organik Cair (POC) selama 2 hari sekali selama 2 minggu. 

Pengecekan yang dilakukan antara lain warna, bau dan tekstur dari Pupuk Organik Cair (POC) itu sendiri. Pupuk Organik Cair (POC) yang sudah matang atau jadi tidak berbau menyengat atau tidak berbau, memiliki warna kuning kecoklatan dan untuk tekstur Pupuk Organik Cair (POC) yaitu cair tidak kental

Setelah melakukan pengecekan perkembangan Pupuk Organik Cair (POC) selama 2 minggu kami bersama anggota KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) melakukan pengaplikasian Pupuk Organik Cair (POC) tersebut pada tanaman telang, rosella, jeruk, sawi dan terong.

Cara pengaplikasian Pupuk Organik Cair (POC) ada dua cara, yaitu yang pertama dengan cara disiramkan langsung ke media tanam dan yang kedua dengan cara dispray langsung ke bagian daun. 

Untuk cara yang disiramkan langsung ke media tanam tujuannya adalah selain mudah diserap langsung oleh akar juga dapat menghacurkan sisa pupuk kimia yang ada di dalam tanah, sehingga tanah menjadi gembur kembali seperti semula. Dan untuk cara dispray ke bagian daun memiliki tujuan agar pupuk dapat cepat masuk ke tanaman melalui lubang stomata yang ada pada daun.

Cara penggunaan dan waktu yang tepat untuk melakukan pengaplikasian Pupuk Organik Cair (POC):

  • Aduk terlebih dahulu Pupuk Organik Cair (POC) sebelum diaplikasikan
  • Waktu pengaplikasian Pupuk Organik Cair (POC) yang baik adalah pagi hari pada pukul 06.00-09.00 WIB dan sore hari pada pukul 16.00-18.00 WIB
  • Jangan melakukan penyemprotan pada saat hujan atau pada saat matahari panas terik
  • Jika turun hujan 1 jam setelah pengaplikasian maka tidak perlu melakukan pengaplikasian ulang
  • Lakukan penyemprotan dengan rata dan diarahkan pada permukaan daun bagian bawah



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline