Lihat ke Halaman Asli

PMM 92.2

Lainnya

Upaya Mahasiswa Menanamkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini di TK RA Walisongo Melalui Kegiatan Market Day

Diperbarui: 18 Agustus 2024   04:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Market Day di TK RA Walisongo /DOK. PRI

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) adalah implementasi lanjutan dari penelitian yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang. Di TK RA Walisongo mahasiswa PMM UMM Kelompok 92 Gelombang 2 megadakan kegiatan 'Market Day'. Kegiatan Market Day ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa Enterpreneur dan Kreativitas siswa.

Market Day adalah kegiatan jual beli yang biasanya terdiri dari bazar makanan maupun minuman. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang transaksi jual beli serta meningkatkan jiwa kewirausahaan anak.

Kegiatan Jual Beli Bersama Siswa TK RA Walisongo/dok. pri

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu (27/07/2024) diikuti oleh seluruh siswa dan siswi TK RA Walisongo mulai dari TK A, B dan PAUD. Setiap anggota PMM kelompok 92 berperan sebagai penjual, sedangkan semua siswa dan siswi berperan sebagai pembeli. Untuk melakukan transaksi jual beli kami menggunakan voucher yang berisi jumlah uang yang dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman yang tersedia. Kegiatan berlangsung semarak dan ceria, dengan dimonitori oleh beberapa guru yang hadir.  Tidak hanya siswa dan siswi yang terlihat mengikuti kegiatan market day dengan antusias namun wali murid, serta guru-guru juga ikut antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

PMM UMM Kelompok 92 Gelombang 2/dok. pri

Dengan adanya kegiatan market day ini membuat semua orang yang terlibat sangat antusias, selain jenis makanan yang dijual unik dan beragam, harganya juga sangat terjangkau. Kegiatan market day ini adalah tidak hanya mengajarkan siswa-siswi untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship, tetapi juga berfungsi sebagai tempat penting untuk menanamkan nilai-nilai moral yang kuat. Diharapkan bahwa kegiatan market day ini dapat mewujudkan karakter siswa-siswi yang lebih jujur, disiplin, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline