Lihat ke Halaman Asli

PMM71UMM

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Kelompok 71 UMM Konsen pada Kesehatan Reproduksi Usia Remaja Awal

Diperbarui: 30 September 2023   13:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa  lebih dikenal nama PMM dikalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) khususnya merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa baik dengan satu prodi yang sama atau dengan mahasiswa berbeda prodi. Tujuan dilaksanaakan kegiatan ini untuk membangun kepedulian mahasiswa terhadap isu-isu yang banyak bermuncul di sekitar kehidupan mahasiswa, serta meningkatkan kemampuan critical thinking dalam menghadapi suatu permasalahan sehingga mampu memberikan inovasi yang relevan sesuai dengan perkembangan zaman. 

Kelompok PMM 71 gelombang 3 beranggotakan lima mahasiswa dari program studi Ilmu Keperawatan yaitu Nurul Iffah, Adellia, Dini Nurbita, Rona Farahdina, Nanda Fitria bersama dosen pembimbing lapangan yaitu Ibu  Yuni Nurmahida, S. Psi., M. Psi. Tempat pelaksanaan kelompok PMM 71 berada di Asrama Terpadu Darul Hikam MTsN Kota Batu. 

Hari pertama pelaksanaan PMM dimulai dengan melaksanakan acara pembukaan diselenggarakan pada hari Senin, 17 Juli 2023 bertempat di Asrama Terpadu Darul Hikam MTsN Kota Batu, Pembukaan dihadiri oleh Bapak Ketua Ma'had Abdul Muiz, S.Si., M.Pd dan jajaran pengurus asmara (musyifah). Dalam sambutannya beliau menyampaikan " materi ini tidak disampaikan di bangku madrasah, ada tapi sedikit tidak sedetail yang disampaikan kakak-kakak kalian." ujar bapak Ketua Ma'had. 

Dok. pribadi

Selanjutnya beliau juga berpesan kepada para siswa Asmara " Ini penting mohon saya berharap sekali, anak-anak materi ini penting sekali untuk kehidupan kalian nanti. Perlu diketahui oleh anak-anak perempuan. " Ada materi PMS macam-macam penyakit, penyakit yang dialami oleh perempuan ini banyak yang bisa kita lakukan adalalah pencegahan. Pencegahan dilakukan dengan belajar, anak-anak bisa memanfaatkan materi yang akan disampaikan sebagai media belajar. Saya berharap anak-anak bisa mengikuti materi dengan sunguh-sungguh  " ujar Bapak Abdul Muiz, S.Si., M.Pd.

Dok. pribadi

Pesan dari Ketua Pelaksana PMM kelompok 71 menyampaikan dalam sambutannya " Kegiatan pmm yang kami laksanakan ini mengusung tema "pemberdayaan perempuan dalam mewujudkan kesehatan reproduksi pada remaja di asarama terpadu mtsn kota batu" diharapkan setelah kegiatan ini berakhir nantinya teman teman dapat menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, organ kewanitaan dari usia remaja awal yang masi dikategorikan dalam masa usia produktif." ujar Nurul Iffah. 

Acara pembukaan berjalan dengan hikmad dan penuh kebahagian antusias dari anak- anak asmara menjadikan semangat bagi seluruh anggota kelompok 71 sehingga lebih menambah keyakinan bahwa acara selanjutnya akan berjalan dengan lebih baik. Diharapkan materi-materi yang akan disampaikan oleh seluruh anggota kelompok 71 mampu memberikan kesadaran terhadap pentingnya menjaga kesehatan reproduksi di usia remaja awal sehingga mampu menurunkan angka penyakit kewanitaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline