Lihat ke Halaman Asli

Pmm Darungan

PMM UMM Kelompok 52 Gelombang 16- Desa Darungan

PMM Siap Membantu Progres Vaksinasi di Desa Darungan

Diperbarui: 23 November 2021   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Hingga kini penularan Covid-19 masih saja terjadi, hingga adanya upaya PPKM level tiga dari pemerintah yang wajib kita terapkan demi memutus rantainya Covid-19. Dalam penanganan Covid-19 ini perlu dukungan dari seluruh warga Indonesia. 

Tak hanya PPKM saja, guna menekan angka covid 19 yang setiap harinya bertambah, pemberian vaksin dilakukan kepada seluruh warga Indonesia. Tentu seluruh elemen dari masyarakat Indonesia perlu ikut berpartisipasi mulai dari sekolah, kampus, perangkat desa, hingga masyarakat.

Hal ini juga di dukung oleh mahasiswa UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) yang sedang menempuh PMM atau Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Kelompok 52 Gelombang 16. 

Dalam masa PMM ini ikut membantu dan mensosialisasikan program vaksinasi yang dilakukan oleh desa Darungan. Hal ini disambut hangat bagi warga desa Darungan untuk segera mendaftarkan diri sebagai calon penerima vaksin.

Pada hari sabtu (20/11/2021) dilaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan dosis kedua dengan jenis vaksin sinovac yang diberikan kepada 780 orang di desa Darungan Kec. Yosowilangun, Kab. Lumajang. Kegiatan vaksinasi ini dalam rangka latihan puncak  TNI AU ANGKASA YUDHA 2021 dan rangkaian peringatan  hari kesehatan Nasional ke 57. Kegiatan PMM ini membantu dalam proses vaksinasi yang di dampingi oleh puskesmas Yosowilangun. 

Alur dari pemberian vaksinasi dilakukan pada meja satu yaitu verifikasi calon penerima, meja dua dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui riwayat penyakit, meja tiga adalah proses pemberian vaksin yang telah lolos skrining, dan meja empat adalah pencatatan dan observasi.

Untuk memeriahkan vaksinasi diberikan doorprize sebagai apresiasi kepada warga desa Darungan. Setelah pemberian vaksin Covid-19 Warga desa Darungan juga tetap mematuhi 5 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas. Tentu protokol kesehatan ini wajib dilaksanakan dan didukung bagi seluruh warga Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline