Lihat ke Halaman Asli

Upaya Sosialisasi dan Penerapan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) oleh Mahasiswa PMM Gelombang 13

Diperbarui: 27 September 2021   13:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Malang (19/09/21), Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Panti Asuhan Darul Jundi Jl. Pemandian Tentara H159 Rampal, Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang memiliki visi dan misi menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satu kegiatan yang dilakukan Kelompok 8 selama 2 minggu yaitu sosialisasi dan praktek cara cuci tangan pakai sabun yang benar.

Sosialisasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan keperdulian anak-anak yang berada di panti asuhan Darul Jundi tentang pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi.

Guna meminimalisir penyebaran covid-19, kelompok kami menyepakati bahwasanya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat ini sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan sangat penting bagi masyarakat untuk memulai pencegahan penyebaran virus COVID-19 dari lingkup yang paling kecil yaitu keluarga dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Contoh kecil dari PHBS adalah mencuci tangan menggunakan sabun.

Dari pantauan kelompok kami di lokasi, banyak anak-anak yang antusias dengan kedatangan kami guna menjelaskan dan mengajarkan cara mencuci tangan 6 langkah yang baik dan benar. Setelah mendapat sosialisasi dari kelompok kami, anak-anak di panti asuhan Darul Jundi juga mulai menyadari pentingnya menerapkan PHBS sejak dini dari lingkup yang paling kecil

Dengan sosialisasi upaya PHBS sejak ini, anak-anak serta pengurus sangat mengapresiasi kegiatan yang kami lakukan ditandai dengan keperdulian tentang protokol kesehatan. Langkah inilah yang membuat anak-anak yang tinggal di panti asuhan Darul Jundi lebih bisa menjaga diri dari penyebaran covid-19. Diharapkan masyarakat tidak akan lalai dengan apa yang kelompok kami berikan selama 2 minggu terakhir dan tetap memakai menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dimanapun dan kapanpun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline