Lihat ke Halaman Asli

Yoan Reynaldi

Universitas Muhammadiyah Malang

PMM UMM Kelompok 61: Pelatihan Pengolahan Susu Menjadi Keju Mozzarella di Desa Tejowangi

Diperbarui: 30 September 2021   01:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses pembuatan Keju Mozzarella (Dokpri)

Pasuruan, September 2021 – Sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas sumber daya di Desa Tejowangi, Kabupaten Pasuruan, kelompok Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) 61 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan sebuah pelatihan pengolahan susu menjadi keju mozzarella di balai desa  Desa Tejowangi yang dibantu oleh mas Dapin Narendra dari CV. Narendra Food.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 5 mahasiswa UMM yakni, Argo, Yoan, Selvia, Selsa, dan Tiara dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Shanty Kusuma Dewi S.T., M.T. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas sumber daya manusia yang berada di Desa Tejowangi. 

Alasan mengapa kelompok PMM-61 memilih produk olahan susu berupa keju mozzarella dikarenakan keju ini memiliki nilai jual yang tinggi dengan harga bahan baku yang tidak begitu besar. Selain itu banyak olahan keju mozzarella yang banyak diminati seperti corn dog, ayam geprek mozzarella, dll.

Pada hari Sabtu, 18 September 2021 kemarin kelompok PMM-61 mengadakan sebuah pelatihan pengolahan susu menjadi keju mozzarella yang dibantu oleh mas Dapin Narendra dan menargetkan ibu-ibu PKK serta pelaku UMKM yang berada di Desa Tejowangi agar dapat memaksimalkan penghasilan dari produk susu yang ada di Desa Tejowangi.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan alat-alat yang tergolong mudah yang dapat ditemui di rumah seperti, panci, baskom, pisau, timbangan, saringan, dsb. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan susu dengan asam sitrat dan juga natrium sitrat diaduk dan ditunggu hingga susu tersebut menggumpal. 

Setelah sedikit menggumpal, saring susu tersebut dan pisahkan gumpalan itu. Ulangi langkah tersebut hingga gumpalan benar benar kering. 

Setelah gumpalan tersebut sudah kering maka dapat dilanjutkan ke proses memasak, dengan cara rebus air dalam wajan hingga bersuhu 75℃ dan pastikan suhu stabil. 

Letakkan gumpalan susu tadi kedalam panci kecil dan beri sedikit garam dan panaskan kedalam wajan panas berisi air tadi, aduk gumpalan tersebut hingga lumer dan menjadi keju mozzarella sempurna.

Dengan adanya pelatihan pengolahan susu ini diharapkan para warga dapat meningkatkan keterampilan dan memaksimalkan kegiatan ekonomi di desa Tejowangi dengan inovasi-inovasi baru.

Kelompok PMM UMM 61 dengan Mas Dapin dan Mas Tomo (Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline