Lihat ke Halaman Asli

Melestarikan Tarian Robyong di Era Modern, Melawan Kepunahan Matinya Kesenian Daerah

Diperbarui: 7 Januari 2022   07:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Indonesia adalah negara yang kaya akan segala keberagaman. Banyaknya jenis tarian , musik, adat, bahasa, dan lain sebagainya menjadikan kita pusat perhatian yang penuh dengan sorotan dari bangsa lain. Keanekaragaman serta kebudayaannya inilah, Indonesia bisa dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi sehingga kita harus lebih bersyukur atas titipan berlimpah agar dapat selalu kita jaga.

Seiring berkembangnya era modern  saat ini banyaknya mayoritas  yang sudah mulai mengabaikan bahkan merupakan kebudayaan bangsa seperti halnya tarian tradisional. Beberapa tarian tradisional sudah mulai tertutupi oleh adanya tarian modern. Sementara yang perlu kita pahami bahwa tarian tradisional ini sendiri memiliki daya tarik bagi wisatawan manca negara, disamping itu kita dapat  menumbuhkan perekonomian kita dengan terus melestarikan budaya yang kita punya. 

Menyadari hal ini, kami Mahasiswa PMM (Pengabdian Mahasiswa oleh Masyarakat) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 56 mengadakan program kerja pelatihan tarian dearah yakni tarian robyong yang dilatih langsung oleh Nindia P. W selaku mahasiswa PMM yang telah lama bergelut dalam hal kesenian tari daerah, guna kembali mengembalikan minat anak-anak pada kesenian tari daerah.

Pelatihan tari ini kami lakukan dalam kurun waktu 3 hari dengan diharidiri lebih dari 10 orang anak, sampai pelatihan tari ini selesai minat anak-anak masih terus ada hal tersebut menjadi hipotesis kami bahwa kesenian daerah dimata mereka masih menjadi hal yang sangat menarik untuk dipelajari. 

Inilah saatnya kita kembangkan dan lestarikan kembali tarian tradisional yang sudah mulai tertutupi oleh tarian modern, karena bagaimanapun itu adalah hasil cipta karya bangsa kita yang harus tetap dipertahankan untuk terus dapat dilestarikan ke generasi kita selanjutnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline