Lihat ke Halaman Asli

PMM Tegalweru

PMM UMM Kel 30 Gel 18

Meningkatkan Kreatifitas Anak-anak SDN Tegalweru Bersama Mahasiswa PMM UMM

Diperbarui: 9 Januari 2022   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dalam rangka penyelenggaraan Pengabdian Masyarakat desa oleh Mahasiswa (PMM) kami dari kelompok 30 gelombang 18 mengadakan kegiatan belajar bersama seperti matematika, bahasa inggris. 

Di hari pertama jumlah siswa yang hadir tidak terlalu banyak mengingat siswa-siswa habis melaksanakan vaksin, kita tentunya juga menerapkan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker saat kegiatan di SDN Tegalweru.

Tidak hanya belajar bersama tetapi dengan meningkatkan kreatifitas siswa juga dengan cara mengadakan lomba menggambar agar siswa lebih kreatif. 

Para siswa sangat antusias menggambar apa saja yang ada di fikiran mereka ada yang menggambar pemandangan, cita cita mereka, hewan, rumah, pemandangan dan masih banyak lagi. Kemudian kami memberikan hadiah untuk hasil gambar siapa yang lebih bagus maka para siswa akan lebih semangat untuk memenangkannya dan menggambar lebih kreatif lagi.

Bukan hanya itu kita juga mengadakan lomba kelereng yang di letakkan pada sendok lalu di bawa berjalan dari start ke finish dan mereka terlihat senang dan menikmati lomba ini.

 Lomba selanjutnya yakni lomba makan krupuk, siapa yang menghabiskan krupuk paling cepat itulah pemenangnya. Kemudian lomba memasukkan paku ke dalam botol, jadi kami mengikat paku di benang dan memberikan 1 anak 1 botol agar mereka dapat memasukkan pakunya ke dalam botol, siapa yang cepat memasukkannya itulah pemenangnya.

Kemudian lomba mengisi air dalam gelas jadi ini adalah permainan tim, 1 kelompok ada 5 orang saling membelakangi dan mengisi air ke dalam gelas aqua dari belakang ke depan siapa yang cepat mengisi penuh air di depan maka itu pemenangnya. Mereka harus basah untuk mendapatkan hadiah dan itu membuat permainan semakin seru. 

Agar mereka mengerti bagaimana artinya mendukung satu sama lain dan bagaimana artinya bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, bagaimana artinya saling membantu atau bekerja dalam tim.

Dan itulah berbagai permainan yang kita lakukan dengan anak-anak SDN Tegalweru, kami sangat menikmati kegiatan bermain dengan anak-anak sekaligus mengasah kemampuan mereka dalam mencapai tujuan dan bekerja sama dengan teman mereka. Disini kami mengajarkan kejujuran, displin, kerja sama tim, kekompakkan, dll. Kegiatan ini sangat berarti bagi kami dan menjadi kenangan bersama dalam kegiatan PMM ini.

Untuk belajar bersama kita mempelajari buku tema yang sudah di sediakan di kelas agar tidak membuat mereka bosan jadi kita membuat lomba lomba tersebut, kita juga mengadakan kuis matematika dan tidak lupa kita akan memberikan hadiah untuk siswa yang berani menunjukkan kemampuannya. Di hari selanjutnya mereka masuk pagi pagi sekali karena sangat bersemangat untuk mengikuti lomba atau pun kuis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline