Lihat ke Halaman Asli

PMM4UTMSETTONG DERE

UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Gili Genting Berseri Semangat Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4 Inbound UTM - Kontribusi Sosial dan Outbound Membawa Suka Cita

Diperbarui: 16 Juni 2024   21:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

peserta kontribusi sosial

Pertukaran Mahasiswa - Merupakan salah satu program Kementrian Pendidikan, Kementrian, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek ) yang mengikuti perkuliahan selama satu semester di perguruan tinggi di  luar pulau, mahasiswa outbound UTM yang terdiri dari 22  provinsi dan 44 perguruan tinggi mulai dari sabang sampai merauke. 

Sebanyak 113 mahasiswa inbound melaksanakan kegiatan kontribusi sosial di  Desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting Sumenep ( Jumat, 14 juni 2024 ). Kegiatan ini mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan Dulu, Kini  dan Nanti.

Pada kegiatan kontribusi sosial, setiap kelompok mahasiswa melaksanakan kegiatan mulai dari  Parade Seni Budaya, Sosialisasi anti Bullying di SMP Negeri 1 Gili Genting, Sosialisasi Gerakan Hidup Bersih dan Sehat di selenggarakan di balai desa Bringsang, Aksi Peduli Literasi di laksanakan di Taman baca hiburan Bringsang  bersama adik-adik SD Negeri 1 Bringsang, serta Konservasi Wilayah Pesisir ( Penanaman Bibit Cemara Udang dan Mangrove ) dan Pelepasan tukik ( Penyu ).
Kegiatan kali ini di hadiri oleh Camat Gili genting Abdul Hasan, S. Sos, Kepala Bumdes, Babinsa yaitu F Junaedi, dan masyarakat setempat.

Parade Seni Budaya

Siti Fadjryana Fitroh selaku PIC juga menyampaikan bahwa "Mahasiswa PMM memiliki peran penting dalam mempromosikan Pulau Gili Genting sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Abdul Hasan, S. Sos Mengatakan " agar Universitas Trunojoyo Madura tidak bosan untuk berpartisipasi  dalam pengembangan masyarakat yang ada di kabupaten sumenep, khusus nya Kecamatan gili genting ini." Beliau juga menyampaikan mudah - mudahan apa yang di lakukan dan di laksanakan pada kesempatan pagi hari ini nantinya mendapat amal ibadah oleh allah Swt. 

Oleh Tuhan kita semua dapat memberikan  hal positif dalam penyelamatan lingkungan. Karna hal ini kita ketahui juga hal global yang tidak menentu kadang kita juga harus peduli bagaimana penggunaan sampah plastik dan lainnya harus menjadi tanggung jawab kita bersama untuk selalu di sosialisasikan kepada masyarakat yang ada di wilayah kita masing- masing, mudah mudahan kegiatan ini bermanfaat dan tidak hanya sampai di sini.

Akhir dari kami dengan pembacaan Bismillah Hirohman Nirohim Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan Dulu, Kini dan Nanti di Kec. Gili Genting kami nyatakan di buka. Dan dilanjutkan kegiatan rentetan seru lainnya.

Reporter : Ester, SM




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline