Lihat ke Halaman Asli

PMM SUKOMULYO BATU

PMM UMM kelompok 60 gelombang 16

Kelompok 60 PMM UMM Mengadakan Kegiatan Menghias Pot dan Menanam Tanaman

Diperbarui: 12 Desember 2021   22:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok 60 PMM UMM Mengadakan Kegiatan Menghias Pot dan Menanam Tanaman

Sabtu (12/12/2021), dimasa pandemi seperti sekarang ini kita harus bisa memanfatkkan waktu dengan sebaik mungkin dengan kegiatan yang bermanfaat. Anak-anak merasa jenuh jika harus belajar tanpa adanya bermain terlebih jika kegiatan belajar mengajar dilakasanakan secara daring terus-menerus akan membuat mereka merasa bosan.

Maka dari itu, kami mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiwa (PMM) kelompok 60 gelombang 16, sebagai mengisi kegiatan yang bermanfaat bagi anak anak dengan suatu kegiatan edukasi untuk menumbuhkan kreativitas dan kemampuan motorik anak-anak yaitu menghias pot menggunakan cat dan menanam tanaman hias di SD Negeri Sukomulyo 2.

Kelompok 60 PMM UMM Mengadakan Kegiatan Menghias Pot dan Menanam Tanaman

Sebelum melaksanakan kegiatan tim mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan. Perlengkapan yang disiapkan diantaranya 10 pot tanaman, cat warna merah, kuning dan hijau, kuas untuk menghias serta tanaman hias sebanyak 10 serta media tanah.  Anak anak SD Negeri 2 Sukomulyo didampingi oleh mahasiswa PMM mereka diberi kebebasan untuk menghias pot berbagai warna dan bentuk sesuai dengan kreativitas mereka, untuk kegiatan menanam dilakukan hari berikutnya dikarenakan menunggu cat dalam pot kering.

Kelompok 60 PMM UMM Mengadakan Kegiatan Menghias Pot dan Menanam Tanaman

Pada keesokan harinya setelah selesai menghias pot anak-anak diberikan tanaman untuk mereka tanam, mereka melakukan dengan sangat senang dikarenakan dalam kegiatan tersebut  sambil menanam mereka diberikan edukasi tentang bagian-bagian yang ada pada tanaman. Anak-anak mengikuti kegiatan dengan antusias dan ceria, penanaman dimulai dari memindahkan tanaman dari polybag ke dalam pot, kemudian diberi tanah lalu disirami. Setelah tamanan tertata dengan rapi di tempatnya, anak-anak kembali ke dalam kelas untuk mengevaluasi kegiatan penanaman yang sudah berlangsung. 

Pada kesempatan itu juga tim menyampaikan manfaat menanam tumbuhan, dan hubungannya dengan kenyamanan dengan lingkungan yang serba hijau, segar, dan rapi memberikan suasana yang nyaman bagi sekolah. Tumbuhan juga membantu lingkungan dengan menyediakan oksigen yang merupakan salah satu hasil proses fotosintesis, dapat menyaring polusi udara serta penanaman ini dapat dirasakan dalam jangka panjang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline