Lihat ke Halaman Asli

PMM SUKOMULYO BATU

PMM UMM kelompok 60 gelombang 16

Ceriakan Anak-anak SD Negeri 2 Sukomulyo Melalui Lomba Kreatif Bersama Mahasiswa PMM UMM

Diperbarui: 6 Desember 2021   19:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kelompok 60 mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Bhaktimu Negeri gelombang 16 melaksanakan Program Kerja yaitu mengadakan lomba kreatif diperuntukkan bagi siswa sekolah dasar mulai dari kelas rendah dan kelas tinggi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin (06/12/2021).

Kegiatan lomba diselenggarakan mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. Peserta lomba dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian dikumpulkan di halaman sekolah. Lomba yang dilakukan meliputi: mewarnai gambar, kardus berjalan, makan krupuk, dan lomba balap kelereng untuk kelas rendah. Sedangkan untuk kelas tinggi yaitu estafet air, lari estafet, memasukkan paku dalam botol dan sepak bola joget.

Dokpri

Mengenai teknis penyelenggaran lomba, diikuti oleh perwakilan dari setiap kelompok yang sudah dibentuk untuk jenjang kelas rendah yaitu kelas 1 dan kelas 3. Sedangkan untuk jenjang kelas tinggi untuk kelas 4 sampai 6. Adapun kriteria penilaian dalam lomba kreatif ialah untuk cabang lomba mewarnai dinilai dari hasil yang terbaik dalam mengkombinasikan warna dan ketepatan pewarnaan. Sedangkan untuk cabang lomba sepak bola joget yaitu dinilai berdasarkan tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang.

Lomba berjalan secara lancar dan menarik antusiasme siswa antar pendukung kelas dan peserta lomba. Disetiap tim memiliki pendukung yang dapat meningkatkan semangat para pemainnya untuk memperebutkan posisi juara pertama. Untuk para pemenang lomba kami juga menyediakan berbagai macam hadiah disetiap cabang lomba seperti alat tulis menulis dan bingkisan. Pemberian hadiah diperuntukkan bagi juara 1, 2, dan 3.

Dengan diadakannya lomba kreatif bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak, menumbuhkan rasa semangat, melatih kekompakan dalam kerja sama kelompok, serta menghilangkan kejenuhan dikarenakan aktivitas belajar mengajar yang cukup padat. Sebab kegiatan lomba yang kami adakan dapat menjadi daya tarik bagi siswa.

Dokpri

Harapan dari mahasiswa PMM untuk kedepannya bagi siswa SD Negeri 2 Sukomulyo yang turut ikut serta dalam lomba tersebut antara lain yaitu dapat meningkatkan semangat belajar, memberi pengalaman baru, serta dapat memberikan hal-hal positif lain yang sifatnya mendukung. Selain itu dengan mengikuti perlombaan siswa bisa menjadi lebih memahami diri sendiri tentang kemampuan yang bisa dikembangkan lebih jauh, terlebih dengan minat yang tinggi. Atau justru bisa jadi kompetisi memberi jawaban hal lain yang belum dieksplor.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline