Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM30

PMM UMM

Optimalisasi Kesehatan Ibu dan Anak RW 05, Kelurahan Sumbersari, Kota Malang oleh PMM UMM kelompok 30 Gelombang 6

Diperbarui: 28 Juni 2021   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Kader Posyandu RW 05, Kelurahan Sumbersari

Kota Malang (27/06/21) -- Kelompok PMM 30 gelombang 6 yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (Nurul Fitria, Irdianty Fahira Junaidi, Dewi Ritna Ningrum, Kusnul Amelia, Selva Dhea Andini) melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa yang diselenggarakan oleh DPPM UMM dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Yohana Puspitasari Wardoyo, M.H yang belokasi pada RW 05, Kelurahan Sumbersari, Kota Malang. Kegiatan ini berupa sosialisasi guna meningkatkan pengetahuan ibu-ibu RW 05 tentang pentingnya meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Pada kegiatan inti, terdapat 2 materi sosialisasi yang diberikan antara lain tentang Makanan Pendamping ASI (MPASI) dan Periksa Payudara Sendiri (SADARI). Sosialisasi ini diadakan dengan cara door to door ke rumah ibu-ibu RW 05 yang memiliki balita didampingi oleh kader posyandu setempat (Bu Yus dan Bu Win), dengan maksud agar tidak membuat kerumunan di masa pandemi COVID-19 ini.

Ibu- Ibu RW 05 sangat antusias sekali dengan adanya sosialisasi ini, di dalam sosialisasi ini mahasiswa pertama-tama menjelaskan tentang pentingnya MPASI pada anak, MPASI sangat dibutuhkan pada anak lebih dari 6 bulan karena untuk menunjang kecukupan gizi perlu tambahan vitamin dan zat-zat lainnya dari makanan yang tidak cukup jika hanya dari ASI. Dan untuk MPASI ini dikelompokkan berdasarkan usia anak sehingga dengan ini ibu dapat menyesuaikan makanan yang diberikan pada anaknya sesuai dengan kelompok usia anaknya. Untuk materi kedua disampaikan tentang pentingnya ibu-ibu untuk melakukan dan mengetahui cara SADARI (Periksa Payudara Sendiri) mengingat kanker payudara merupakan kanker pertama terbanyak yang dialami oleh wanita di Indonesia. Dengan harapan dengan diadakannya sosialisasi ini, ibu-ibu dapat mengenali gejala kanker payudara secara dini sehingga pada akhirnya dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian ibu.

Sosialisasi tentang SADARI (Periksa Payudara Sendiri) kepada Ibu Balita RW 05, Kelurahan Sumbersari

Sosialisasi tentang MPASI (Makanan Pendamping ASI) kepada Ibu Balita RW 05, Kelurahan Sumbersari

Di akhir pelaksanaan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Kelompok 30 Gelombang 6 ini, mahasiswa memberikan cinderamata kepada ibu posyandu (Ibu Waluyo) dan ibu-ibu PKK karena sudah banyak berperan dan membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini anggota PMM UMM Kelompok 30 gelombang 6 berharap dapat lebih meningkatkan pengetahuan ibu tentang pentingnya kesehatan ibu dan anak terutama dalam hal pemberian MPASI sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan nutrisi yang baik dan dapat menjadi anak yang sehat. Begitu pula dapat lebih menunjang kesehatan ibu untuk mencegah adanya kanker payudara dengan cara SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Semoga kegiatan yang diadakan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu RW 05, Kelurahan Sumbersari, Kota Malang.

Penyerahan kenang-kenangan kepada Ibu Posyandu dan Ibu Kader Posyandu RW 05

Penyerahan kenang-kenangan kepada Ibu Posyandu dan Ibu Kader Posyandu RW 05 bersama anggota PMM UMM Kelompok 30 Gelombang 6




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline