Lihat ke Halaman Asli

Yosiene Dhea

PESANTREN MUHAMMADIYAH AL-MUNAWWAROH MALANG

Ternyata, Asik Ya! Riddle Games Dijadikan Media Edukasi DBD dan Gizi di Pesantren Al-Munawwaroh Malang

Diperbarui: 12 Maret 2022   09:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Demam berdarah memang salah satu penyakit yang dapat menjangkit banyak orang terutama pada musim hujan, tidak terkecuali ketika pandemi COVID-19. 

Hal inilah yang melatar belakangi Kelompok PMM 23 Gelombang 1 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang yang dibimbing oleh Bapak Abdurrohman Muzakki, M.Pd selaku Dosen Pembimbing lapang (DPL) untuk melaksanakan program pengabdian masyarakatnya dengan melaksanakan edukasi terkait dengan Demam Berdarah Dengue (DBD). Edukasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Maret 2022 di Pesantren Muhammadiyah Al- Munawwaroh Kota Malang.

Edukasi DBD dan Gizi

Edukasi  dimulai pukul 13.00 setelah sholat dhuhur dan diikuti oleh 100 orang santri yang sangat antusias. Acara  ini berlangsung di Masjid Pesantren Al-Munawwaroh. Selain edukasi tentang DBD, Kelompok PMM 23 juga menyelipkan materi tentang gizi. 

Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para santri agar dapat mengatur pola makan yang sehat sehingga memberikan performa pembelajaran yang maksimal dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari segala jenis penyakit. 

Santri Bertanya tentang DBD

Santri Bertanya tentang gizi

Dalam pelasaksanaannya, santri sangat aktif bertanya dan mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Sehingga, penyampaian dari edukasi sangat dipermudah dengan adanya antusiasme dari santri-santri yang menjadi peserta edukasi kelompok pengabdian masyarakat ini. 

Riddle Games

Tidak hanya sekadar edukasi via menampilkan Power Point (PPT) saja, tentunya Kelompok PMM 23 juga menggunakan media sebagai sarana mempermudah penyampaian materi, yaitu Riddle Games.  Games yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan (Demam Berdarah Dengue & Gizi) dilaksanakan di aula dan dimulai pada pukul 15.30 sore hari. Games ini diikuti oleh 40 santri di dalam Aula. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline