Dibidang ekonomi kami mahasiswa PkM-BR UAS Kencong posko 04, mempunyai program yang bertujuan untuk meningkatkan manajemen pemasaran menggunakan Digital Marketplace untuk Ibu Rymah Tangga. "Untuk itu kami melakukan sosialisasi pada malam ini (23/03/2023) salah satunya agar masyarakat melek digital dan yang sebelumnya hanya tahu menggunakan media sosial untuk iseng sekarang bisa memanfaatnya untuk memasarkan produk secara mandiri". Ungkap M Rendra Yusuf Fata selaku divisi ekonomi PkM-BR UAS Kencong pada acara yang diselenggarakan di Balai Desa Pulo kemaren.
Dalan hal ini kami selaku peserta PkM-BR hanya bersifat sebagai pendamping oelaku UMKM Pulo agar bisa memasarkan secara digital. Salah satu langkah yang dibuat oleh Bang Rendra, begitu ia disapa ialah membuat akun Marketplace berupa Shopee yang sementara masih di isi produk sapu milik Bapak Jamis. In syaa allah nanti akan menyusul produk-produk UMKM lain yang akan dk upload.
Besar harapan kami ketika melihat antisias warga yang begitu besar ialah semoga nantinya ketika kita selsai PkM-BR Pulo ini tetap ada perseorangan ataupun komunitas bentukan Desa yang akan tetap melanjutnkan monitoring dan menjalankan program yang kami gagas ini. Karena pada dasarnya program ini memang sangat menguntungkan bagi pelaku UMKM yang penjualannya masih konvensional. Selain kami membuat akun shopee bernama U Pulo, kami juga membuat katalog yang berbentuk PDF yang nantinya juga diharapkan bisa terus meningkatkan penujualan produk-produk UMKM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H