Lihat ke Halaman Asli

pkmbrbesuk

Mahasiswa

Manfaatkan Limbah Minyak Jelantah, PkM-BR Posko 02 Besuk Lakukan Pelatihan Pengolahan Menjadi Lilin.

Diperbarui: 5 September 2023   08:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi PkM-BR Posko 02 Besuk

Minyak jelantah adalah minyak bekas yang dihasilkan dari proses penggorengan makanan, seperti menggoreng ikan, ayam, kentang goreng, dan makanan lainnya dalam minyak panas. Minyak ini telah digunakan sebelumnya untuk menggoreng makanan, sehingga dapat berisi sisa-sisa makanan, partikel, dan kotoran dari proses penggorengan sebelumnya.

PkM-BR Posko 02 Besuk lakukan pelatihan Pengolahan limbah minyak Jelantah Menjadi Lilin yang dilakukan pada 4/9 di Balai Desa Besuk bersama ibu-ibu, kader dan PKK Desa Besuk.

"Program ini sangat bermanfaat terutama ibu-ibu rumah tangga yang setiap hari bersentuhan dengan minyak jelantah agar bisa di kelola kembali menjadi barang yang bermanfaat yaitu lilin, jarena jika di olah kembali maka akan menimbulkan penyakit seperti kangker, paru paru dan jikalau dibuang akan menjadi gumpalan yang menghambat saluran air" Tegas Hengky selaku Kordes Besuk.

"Acara ini sangat bagus saya mengapresiasi acara yang di bawakan oleh mahasiswa Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kecong Jember ini" Ucap Ibu Plt Desa Besuk Eka Susilowati.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan praktik dan dilakukan bersama-sama tamu yang menyaksikan secara langsung pembuatan lilin dari minyak jelantah tersebut.

Dokumentasi PkM-BR Posko 02 Besuk 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline