Lihat ke Halaman Asli

PkmBr Dorogowok

pkmbr 06 dorogowok

Program Mahasiswa UAS Kecong Diikuti oleh MHS Unmu Juga Perangkat Desa

Diperbarui: 20 Agustus 2023   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Member Posko 06 Dorogowok Bersama DPL Rusmini S.E. Dokpri

Universitas Al-falah Assuniyah (UAS) Telah menerjunkan mahasiswa PKM-BR di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Yosowilangun, Kunir dan Tempeh. Masing-masing kelompok terdiri atas 8 mahasiswa dari berbagai prodi. Setiap kelompok harus mampu bekerja secara tim. Untuk menjaga kekompakan masing-masing kelompok memiliki cara tersendiri.

Posko 06 Desa Dorogowok mempunyai cara yang unik untuk menjaga kekompakan, yaitu dengan kegiatan sholat fardhu berjamaah. Sholat fardhu berjamaah menjadi suatu sarana mengompakkan anggota posko 06 karena sholat fardhu berjamaah mengajarkan kekompakan, yakni makmum wajib mengikuti gerakan seorang imam secara serempak. Makmum juga dituntut untuk tidak mendahului gerakan imam semaunya sendiri. Hal ini sebagai gambaran bahwa sebuah tim harus mengikuti ketua selama berada di jalan yang benar.

Menurut Mas Farhan, selaku sekertaris I mahasiswa PKM-BR posko 6, mengatakan bahwa sholat fardhu berjamaah sangat mendukung untuk menjalin silaturrahmi antar mahasiswa. Selain itu juga menjaga kedisiplinan karena berkaitan dengan waktu sholat yang harus dipenuhi.

Sholat berjamaah dilakukan setiap hari dengan imam sholat yang sudah terjadwal. Penjadwalan imam sholat dilakukan agar kegiatan program PKM-BR dan kegiatan sholat fardhu berjamaah berjalan lancar dan selaras.

Di awal penerjunan, jamaah sholat fardhu hanya diikuti oleh mahasiswa PkM-BR posko 06 saja. Selang beberapa hari jamaah bertambah, karena sebagian perangkat desa dorogowok turut serta. Semakin hari jamaah semakin bertambah dengan kehadiran teman-teman KKN dari Universitas Muhammadiyah Jember yang juga mengikuti program sholat fardhu berjamaah yang menjadi program harian kelompok mahasiswa PkM-BR UAS posko 06 desa Dorogowok.

Kegiatan sholat fardhu berjamaah ini juga mendapat sorotan dan komentar positif dari perangkat desa dorogowok. Pak Saiful selaku perangkat desa Dorogowok mengaku senang dengan adanya kegiatan sholat berjamaah. Selain menghidupkan musholah kantor desa dengan kegiatan positif, juga sebagai dakwah keagamaan bagi masyarakat Desa Dorogowok di lingkungan kantor desa.

(Nur Imama Surya)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline