Lihat ke Halaman Asli

Pandji Kiansantang

"Bahagia Membahagiakan Sesama"

"Football not Coming Home, It's Coming to Rome"

Diperbarui: 12 Juli 2021   07:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahan pribadi

Skor Adu Penalti Final Euro 2020, Italia vs Inggris : 3-2. Kiper Italia : G. Donnarumma menjadi "Euro Hero" setelah menggagalkan 2 tendangan penalti Inggris. Sebaliknya Inggris gagal mengakhiri "kutukan adu penalti".

 Alih-alih "Football Coming Home" yang diteriakkan oleh suporter Inggris..."It"s Coming to Rome"

 Italia layak menang karena tampil dominan sepanjang pertandingan... Menjadi juara Euro lagi setelah 53 tahun (sama dengan umurku)... terakhir juara tahun 1968. 

Inggris kalah terhormat. Kurang diperhitungkan, justru maju ke final. Prestasi besar mengingat selama setengah abad sejarah Piala Eropa belum pernah sekalipun Inggiris menginjak final.

 Inggris tak mendapat trophy juara, tapi memenangkan simpati dunia karena menjadi tuan rumah yang sportif di stadion Wembley yang meriah... Everybody win 

Setelah kemarin Argentina mampu menaklukan Tuan Rumah Brazil untuk menjuarai Copa America, hari ini pola itu BERULANG dalam final Euro : Tuan Rumah kembali ditaklukkan. 

Ternyata setelah lebih dari setahun, bertanding di stadion kosong karena pandemi terjadi "hambatan psikologis". Bukannya menjadi "pemain ke 12", kehadiran penonton pendukung tuan rumah yang memenuhi stadion justru menjadi "beban mental" bagi tim tuan rumah. 

"Setiap pesta pasti akan berakhir"... Dengan berakhirnya "pesta" sepakbola selama 1 bulan, berakhir pula euforia yang menyemangati masyarakat Indonesia selama memuncaknya masa pandemi. Kini saatnya untuk kembali ke dunia nyata... 

Olahan pribadi

*Pandji Kiansantang, Senin, 12 Juli 2021 jam 6 WITA @ Sanur, Bali. I Love Monday 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline