Lihat ke Halaman Asli

Pandji Kiansantang

"Bahagia Membahagiakan Sesama"

Semangat dalam "Thank God It's Friday"

Diperbarui: 7 Agustus 2020   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

... Mengapa "Thank God it's Friday" (TGIF) ?

 1). Kegembiraan pada akhir hari kerja menyongsong liburan weekend Sabtu & Minggu. Khususnya bagi karyawan (worker), sementara hari libur bagi pedagang adalah saatnya meraup rezeki . 

Hari libur esok bisa dipakai untuk "me-time" atau "family time" untuk rekreasi bersana keluarga atau sekedar rebahan, tidur bersantai. Seharusnya liburan week-end menjadi "RE-FRESHING" yang berarti "menyegarkan ulang" atau mere-charge diri untuk semangat bekerja mulai hari Senin. 

Tapi faktanya, yang terjadi adalah fenomena  "I don't like Monday"... karena kecapaian beraktivitas pada weekend, justru masuk kerja dengan loyo  dan bete, alias"Monday blues". Ini harus dikoreksi untuk kebaikan diri sendiri maupun kantor (tempat bekerja). 

Jadi perlu RENCANAKAN aktivitas weekend dengan bijak dengan mengukur kemampuan fisik kita. 

2). Hari gajian mingguan bagi pekerja di negara2 Barat (tempat ucapan TGIF berasal). Payday pastilah saat bahagia bagi penerima upah. Biasanya Jumat malam dipakai untuk hang-out (berkumpul) dan hura hura (bersenang2 ) dgn teman2 di tempat2 hiburan malam. 

3). Hari raya bagi umat Islam, tepatnya : hari besar mingguan. Merupakan hari libur (holiday) di negara2 Islam seperti di Timur Tengah. Hari mulia untuk memperbanyak beramal ibadah, sehingga sering disebut " Jumat Berkah" atau "Jumat Mubarok". 

Ibadah utama pada hari ini adalah  beribadah berjamaah di masjid dalam Shalat Jumat (berasal dari kata "Jumu'ah" yang dalam bahasa Arab berarti "mengumpulkan"). TGIF bagi muslim adalah "Alhamdulillah, ini hari Jum'at" 

SEMANGAT DIBALIK TGIF

 Ada Doa dan Harapan dalam "Thank God it's Friday" : 

BERSYUKUR (grateful) dalam kondisi apapun. Bersyukur adalah dasar melakukan amal ibadah dan juga kunci rezeki. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline