GERAKAN 3S (SAVE, SPEND, & SHARE) DALAM PEMBELAJARAN P5 SMA TARAKANITA MAGELANG
Ketika peserta didik menerima uang jajan dari orang tuanya, mereka cenderung ingin segera membelanjakannya. Hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak memahami konsep alokasi uang dengan baik.
Pembelajaran P5 pada Tema Bangunlah Jiwa Raganya, melalui Wellness Self-Assessment yang salah satu perspektifnya adalah refleksi finansial, mengajari peserta didik untuk "membagi uang saku menjadi tiga (3) bagian", yakni untuk mempelajari konsep "menabung (save)", "membelanjakan (spend)", dan "berbagi (share)". Melalui perspektif inilah sejumlah siswa dari SMA Tarkanita Magelang malakukan Gerakan 3S SAVE, SPEND, & SHARE. Melalui perspektif ini pula peserta didik disadarkan akan pentingnya konsep alokasi uang dalam hidupnya.
Menabung (Save)
Untuk mengetahui pentingnya menabung, pendamping menanyakan pada peserta didik apa yang ingin mereka beli dan minta mereka menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung untuk tujuan mereka.
Membelanjakan (Spend)
Pemdamping perlu menekankan kepada peserta didik bahwa menabung harus dilakukan sebelum membelanjakan. Setelah menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung, pendamping mengarahkan peserta didik untuk mengatur pengeluaran yang diperlukan, dan membiarkan mereka membeli apa yang mereka inginkan dengan sisa uang saku.