Lihat ke Halaman Asli

Wellness Self-Assessment dalam Pembelajaran P5 Tema Bangunlah Jiwa Raganya (Best Practice)

Diperbarui: 14 Juli 2024   08:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

WELLNESS SELF-ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN P5 TEMA BANGUNLAH JIWA RAGANYA

Tema Bangunlah Jiwa Raganya dalam Pembelajaran P5 mengajak peserta didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Peserta didik melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bullying), serta berupaya mencari jalan keluarnya. Mereka juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/MI, SMP/ MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan sederajat.

Berkaitan dengan wellbeing atau kesejahteraan peserta didik, sejumlah indikator dalam Life Balance Assessment atau Wellness Self-Assessment berikut ini membantu kita memetakan permasalahan yang terjadi dalam diri peserta didik. Ibarat wellbeing itu sebuah roda, maka roda berjalan paling mulus jika seimbang. Mintalah peserta didik melakukan self-assessment berikut ini secara terbimbing.

Instruksi:

Baca setiap pernyataan dan isi bagian berbentuk pai yang sesuai dari roda sampai tingkat yang Anda capai. Misalnya, pertanyaan pertama adalah: "Saya makan makanan bergizi seimbang"; jika Anda merasa melakukan ini 100%, warnai semua bagian satu. Jika Anda berpikir Anda melakukan ini, 60% dari waktu, warnai 60% bagian. Ulangi untuk semua 36 area roda.

Fisik (physical): Oranye

1.    Saya makan makanan bergizi seimbang.

2.    Saya berolahraga setidaknya tiga kali seminggu.

3.    Saya bertanggung jawab atas kesehatan fisik saya.

4.    Saya umumnya bebas dari penyakit.

5.    Saya melakukan pemeriksaan tahunan dan pemeriksaan kesehatan khusus seperti yang ditentukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline