Lihat ke Halaman Asli

Saepiudin Syarif

TERVERIFIKASI

Writer

Indonesia Incorporated Perlu Ada

Diperbarui: 5 Maret 2020   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Indonesian Idol musim ke sepuluh di tahun 2020 ini sudah ada pemenangnya. Lyodra, gadis yang masih 16 tahun ini, dengan kualitas vokal dan kesiapannya sebagai penyanyi profesional adalah talenta sekaligus aset Indonesia yang berharga. 

Pun jika dilihat dari 15 besar Indonesian Idol lainnya. Nama-nama seperti Novia, Ainun, Tiara, Mirabeth, dan Agseisa secara kualitas bisa bersaing di ajang kompetisi tingkat internasional sekalipun.

Kemenangan Claudia Emanuela, gadis asal Cirebon di The Voice Germany 2019 bisa menjadi bukti betapa banyak potensi bagus anak muda Indonesia. Bila kita mundur ke masa lalu, sudah banyak penyanyi Indonesia yang berjaya di festival-festival musik internasional. 

Sebut saja Harvey Malaiholo pernah memenangkan World Pop Song Festival di Budokan Tokyo Jepang tahun 1985. Saat itu Harvey berhasil mengalahkan Celine Dion yang mewakili negara Swiss. Kita juga punya Ruth Sahanaya yang menang di Midnite Sun Song Festival di Finlandia, Trie Utami yang menang di Rumania, dan Krisdayanti yang menang di Asia Bagus di Jepang. 

Tidak hanya di nomor solo, paduan suara dari beberapa perguruan tinggi seperti Paragita Universitas Indonesia, PS. Universitas Padjajaran, PS Universitas Atmajaya, PS. Universitas Parahiyangan, PS. Universitas Diponegoro pernah memperoleh kemenangan di berbagai kompetisi paduan suara di Asia dan Eropa. 

Selain jalur festival, Indonesia juga sudah menghasilkan beberapa penyanyi kelas internasional lewat jalur pribadi seperti Anggun, Shandy Sondhoro, Agnes Monica, dan Dira Sugandi. Bakat-bakat baru terus bermunculan. Ajang pencarian bakat yang sebagian besar punya lisensi internasional seharusnya bisa dimanfaatkan oleh para stake holders permusikan tanah air. 

Beberapa tahun lalu Bekraf, Badan Ekonomi Kreatif bentukan pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama membuat Indonesian Creative Incorporated (ICINC) yang pernah melakukan audisi talenta muda bersama 88rising. Lima anak penyanyi muda yang terpilih digembleng di Amerika hingga menghasilkan lagu.

88rising adalah manajemen musik di Amerika Serikat yang banyak menaungi talenta dari Asia, di antaranya Rich Brian, Niki, dan Stephanie Poetri dari Indonesia.

Melihat Bekraf yang di periode kedua pemerintahan Jokowi ini dilebur ke Kementerian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif maka keberadaan ICINC entah bagaimana nasibnya.

Konsep ICINC yang sebenarnya sudah bagus bisa diterapkan menjadi permanen untuk ke depannya mendukung bakat-bakat baru di berbagai bidang untuk bisa unjuk gigi dan bersaing di dunia internasional.

Masalah nama dan dibentuk lembaga atau tidak bisa dipikirkan selanjutnya. Tapi yang penting ada jalur resmi yang didukung pemerintah (yang nantinya bisa menggandeng sponsor pihak swasta) agar talenta-talenta ini dapat mencoba bersaing di tingkat global. Sebab tidak semua punya nasib seperti Claudia Emanuela yang bisa kuliah di Jerman. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline