Lihat ke Halaman Asli

Yupiter Telaumbanua

Mahasiswa/Pekerja Paruh Waktu

Kita Belajar Menjadi Pemimpin Sejati

Diperbarui: 30 Maret 2020   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyampaikan Sambutan Usai Pelantikan Sebagai Ketua DPW Forum PERANTARA Kota Salatiga (06/12/19)


Setelah pelantikan sebagai ketua DPW Forum PERANTARA Kota Salatiga. Saya teringat satu perumpamaan dari bapak tua pada saat mengikuti MUNAS HIMNI Ke-V di Bogor Jawa Barat, tentang pemimpin sejati. Dalam perumpamaan tersebut bercerita tentang dua orang anak muda yang bersaing untuk menjadi pemimpin. Orang pertama bernama Mickel dan kedua bernama Delau. Kedua anak muda ini bersaing untuk menjadi pemimpin dalam Perusahaan Keluarganya. Mereka ditugaskan mencari anggota sebanyak 12 orang dalam satu kelompok dan mereka harus menghadapi tantangan yang berat untuk menemukan air suci di tempat yang sangat terpencil serta diberikan waktu selama 3 hari untuk melakukan itu. 


Tim yang dipimpin Delau berjalan dengan baik. Ia mengarahkan segala sesuatunya dengan baik dan sistematis serta selalu memperhatikan anggota-anggotanya dalam keadaan apapun selama selama perjalanan. Hingga akhirnya mereka sampai di tempat tujuan dengan selamat dengan anggota lengkap. Sedangkan tim yang dipimpin Mickel, terpecah satu persatu hingga sampai ke tempat tujuan mereka. Hal itu terjadi karena ia hanya memerintah anggotanya dan tidak memberikan arahan yang jelas.

Dalam perumpamaan di atas seringkali ketika kita setelah ditunjuk untuk memimpin suatu kelompok atau komunitas, dan kita jadi sangat bangga dengan keputusan tersebut. Istilahnya, kita jadi lupa daratan. Sama halnya dengan tim yang dipimpin Mickel dari perumpaan diatas. Nah, apa bisa disebut pemimpin sejati  ? Tentu tidak ! Karakter Mickel sama sekali tidak menunjukkan adanya kepemimpinan sejati, melainkan pemimpin yang tidak bertanggungjawab.

Trus, pemimpin sejati itu seperti apa sih ? 

Seorang pemimpin  sejati adalah orang yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, baik dari kecerdasan intelektual, emosional, dan spritual. Selain itu, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mengenali dirinya dan juga oranglain serta mampu mengendalikan dirinya dalam situasi apapun. Menjadi seorang pemimpin sejati juga berarti menjadi seorang pemimpin yang selalu belajar dan bertumbuh untuk mencapai tingkatan yang lebih tinggi dalam mencapai misi dan tujuan dalam kelompok atau komunitas maupun dalam kehidupan pribadi pemimpin itu sendiri.

Jadi, kalau ciri-ciri pemimpin sejati diatas sudah bisa kita terapkan dalam kehidupan kita. Pastinya apapun yang kita pimpin, dapat berjalan dengan baik. Seperti yang dikatakan Jhon Maxwell,"Seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalan, melewati jalan tersebut, dan menunjukkan jalan itu untuk orang lain."

Salam Persaudraan !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline