Lihat ke Halaman Asli

Stres? Yuk Kelola dengan Baik

Diperbarui: 20 Oktober 2023   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto oleh Andrew Neel: https://www.pexels.com/id 

Aktivitas yang cederung padat mengakibatkan kita rentan terkena stres. Saat itu terjadi jangan disepelekan sebab bisa berdampak pada pekerjaan maupun diri sendiri. Stres adalah reaksi tubuh terhadap tekanan fisik atau emosional (Vee, 2023).

Olahraga

Olahraga sering diartikan sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga dan juga tidak bisa dilakukan dalam waktu sempit. Oleh karena itu kita cenderung melupakannya.

Tanpa disadari olahraga merupakan aktivitas yang banyak memberikan manfaat salah satu diantaranya yaitu bisa meminimalkan stres. Kok bisa?

Saat olahraga tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Hormon ini bisa meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan memberikan perasaan rileks sehingga dapat membantu dalam mengurangi stres. Olahraga sendiri sebenarnya tidak selalu berkaitan dengan aktivitas berat dan memakan banyak waktu. Cukup dengan berjalan santai ataupun jogging selama 30 menit.

Meditasi

Menurut KBBI meditasi adalah pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Kegiatan ini bisa membantu mengurangi stres sebab dengan melakukannya pikiran dan tubuh kita akan merasa tenang. Selain itu meditasi juga bisa mengembangkan ketajaman mental.

Mengatur Waktu dengan Baik

Salah satu wujud dari mengatur waktu dengan baik adalah membuat daftar tugas yang hendak dikerjakan. Dengan itu kita akan menjadi lebih teratur sehingga mampu mengendali hidup lebih baik. Selain mengurangi stres, mengatur waktu juga memberikan manfaat positif lainnya seperti mengoptimalkan produktivitas, mengurangi ketidakpastian dan menghindari prokrastinasi.

Hal lainnya yang membantu mengurangi stres yaitu tidur yang cukup, mecari dukungan sosial dan hobi, serta menjaga pola makan yang sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline